RIF’AN, MUHAMAD (2023) Pengembangan instrumen supervisi manajerial kepala sekolah dasar di kecamatan jekulo kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan instrument supervisi manajerial kepala sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan instrumen supervisi dari manajerial kepala sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. 2) menganalisis uji kelayakan pengembangan instrumen supervisi manajerial kepala sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. 3) menganalisis uji keefektifan pengembangan instrumen supervisi manajerial kepala sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. 4) menganalisis uji kepraktisan pengembangan instrumen supervisi manajerial kepala sekolah dasar di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan. Instrumen supervisi manajerial dikembangkan dari delapan komponen standar pendidikan (SNP). Penelitian ini menggunakan analisis uji validitas dan uji normalitas instrumen supervisi manajerial yang telah dikembangkan. Sampel daam penelitian ini adalah SD 3 Pladen, SD 1 Pladen, SD 4 Pladen, SD 1 Sidomulyo, SD 2 Sidomulyo, dan SD 6 Bulungkulon. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil simpulan bahwa instrumen supervisi manajerial kepala sekolah dasar dikembangkan dari delapan komponen standar nasional pendidikan. Delapan komponen standar nasional pendidikan tersebut meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Instrumen supervisi manajerial yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai alat ukur supervisi manajerial untuk memudahkan tugas kepala sekolah dalam melakukan supervisi manajerial. Hasil uji validitas dan reabilitas menunjukkan bahwa instrumen supervisi manajerial telah layak digunakan sebagai alat ukur.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Suad, M. Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditia Ismaya, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | instrumen supervisi, sekolah dasar, peningkatan hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 01:16 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 01:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20463 |
Actions (login required)
View Item |