Pengaruh media pembelajaran bolnet terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas vi Sdn jembulwunut kecamatan gunung wungkal Kabupaten pati

Lutfiana, Alfi Ardilla (2023) Pengaruh media pembelajaran bolnet terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas vi Sdn jembulwunut kecamatan gunung wungkal Kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran IPA. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga peserta didik mudah bosan, mudah mengantuk dan suasana belajar menjadi tidak kondusif. Kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran dan media pembelajaran saat proses pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Bolnet Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN Jembulwunut Kecamatan Gunung Wungkal Kabupaten Pati. Media pembelajaran merupakan suatu sarana/alat bantu pendidik untuk menyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik dan menarik oleh peserta didik. Bolnet singkatan dari bola Planet adalah alat bantu yang digunakan oleh pendidik untuk memberikan materi planet tata surya kepada peserta didik. Media pembelajaran bolnet dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan berlatih menyampaikan informasi kepada kelompok lain dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah hasil yang didapat oleh siswa setelah melakukan kegiatan proses pembelajaran yang berupa penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan adanya perubahan tingkah laku pada siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan percobaan. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih oleh peneliti adalah sampel total/sensus yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrument tes. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran (X). Variabel Dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil Kognitif (Y). Hasil dari penelitian ini adalah uji gain pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan media pembelajaran Bolnet memperoleh hasil nilai gain sebesar 0,71 yang dikategorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran bolnet dapat memberikan pengaruh terhadap siswa dalam memecahkan masalah IPA pada materi sistem tata surya. Berdasarkan uji t-tes diperoleh t_hitung sebesar "65,2 " sementara t_tabel dengan deviasi bebas (db) N – 1 = 15 – 1= 14 dan taraf signifikansi ,05% diperoleh t_tabel sebesar 2,145. Maka t_hitung("65,2" ) > t_tabel (2,145). Sehingga (Ha) dapat diterima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran Bolnet, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:43
Last Modified: 29 Feb 2024 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item