Jayanti, Widia Dwi (2023) Peningkatan kemampuan berhitung pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan melalui metode jarimatika kelas ii sd 5 jepang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (616kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (182kB) | Preview |
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik yang perlu dikembangkan dalam membekali mereka untuk kehidupannya dimasa depan dan saat ini adalah memberikan kemampuan berhitung. Berdasarkan hasil tes kemampuan berhitung pada prasiklus DI SD 5 Jepang menunjukkan bahwa kemampuan berhitung peserta didik kelas dua masih rendah dengan persentase 29,4% peserta didik tuntas. Salah satu cara agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan yaitu dengan metode jarimatika. Metode jarimatika memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berhitung peserta didik. Metode ini sangat mudah diterima oleh anak, mempelajarinya pun sangat mengasyikkan, karena jarimatika tidak membebani memori otak dan alatnya selalu tersedia dengan menggunakan alat bantu jari-jari tangan yang akan membantu aktifitas siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas II SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 34 peserta didik yang dilaksanakan selama 2 siklus, dengan empat tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini yaitu model jarimatika pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, sedangkan variable terikatnya adalah kemampuan berhitung peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II SD 5 Jepang. Selain itu dengan modul ajar dan lembar kerja peserta didik yang telah disusun peneliti mampu meningkatkan kemampuan berhitung dengan presentase klasikal sebesar 76,47%. Penelitian ini dapat dijadikan pedoman guru Ketika menerapkan pembelajaran dengan metode jarimatika pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang dapat membuat peserta didik lebih aktif karena pembelajaran menjadi menarik dan dan mudah dipahami apa yang telah disampaikan oleh guru sehingga aktivitas belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata 2,56 dengan kriteria baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Fitriyah Amaliyah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berhitung, Operasi Hitung penjumlahan dan Pengurangan, Metode Jarimatika, Aktiftas Belajar Peserta Didik. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 01:54 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 01:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20468 |
Actions (login required)
View Item |