Meylani Indriasari, Tiara (2023) Code-switching in classroom interaction (a case study of lecturer of english education department at universitas muria kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (JUDUL)
TITLE.pdf - Published Version Download (525kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
CHAPTER I.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
Text (BAB II)
CHAPTER II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
CHAPTER III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
CHAPTER V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
CHAPTER VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
REFERENCES.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Appendix.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam masyarat bilingual fenomena alih kode adalah hal yang biasa. Salah satu fenomena alih kode terjadi di kelas survival speaking di universitas muria kudus. Alih kode terjadi saat dosen menjelaskan tentang materi saat kelas berlangsung. Dosen mengalih kode dari Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia begitupun sebaliknya. Berdasarkan permasalahan tersebut, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tipe alih kode apa yang digunakan dosen dan alasan mengapa dosen menggunakan alih kode didalam kelas survival speaking. Penelitian ini menggunakan metode qualitative dengan pendekatan sosiolingustik. Penelitian dilakukan di Universitas Muria Kudus, peserta dalam penelitian ini adalah dosen kelas Survival Speaking di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan observasi kelas dan wawancara untuk mendapatkan informasi untuk penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dosen menggunakan alih kode didalam kelas dengan 3 tipe yaitu inter-sentential swithing, intra-sentential switching dan tag switching. Alasan dosen menggunakan alih kode dalam kelas yaitu (1) tidak tahu istilah bahasa Inggris (2) dia ingin menekankan kepada mahasiswanya arti dari kata-kata baru dan menggunakan kata-kata dengan benar (3) dosen mengganti bahasa secara otomatis (4) untuk memperjelas. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi dosen, dan peneliti selanjutnya. Setelah membaca penelitian ini, dosen mengetahui dan meminimalkan penggunaan alih kode dalam, penggunaan alih kode dalam kelas dilakukan untuk menambah motivasi siswa siswa belajar bahasa inggris. Peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti yang tertarik dengan alih kode, bisa menyelidiki analisis lebih lanjut tentang alih kode dalam ucapan siswa di kelas bahasa Inggris
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. |
Kata Kunci: | Alih Kode, Kelas Survival Speaking, Dosen, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 18:24 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 18:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20471 |
Actions (login required)
View Item |