LIFYANDITA, ELFINA (2023) Analysis of grammatical error on the third students essay writing at universitas muria kudus by using grammarly. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (927kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (380kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Handwriting sukar untuk dikuasai karena banyak pembelajar yang kesulitan untuk mengembangkan ide-ide dasar yang diperlukan, terutama mengingat betapa seringnya terjadi kesalahan dalam menulis terjadi. Selain itu, di era teknologi ini, pembelajar dapat menggunakan alat teknologi untuk memeriksa kesalahan tata bahasa. Namun, mereka masih perlu mengenali kesalahan apa yang telah mereka buat. Oleh karena itu, analisis dengan mengintegrasikan teknologi dan pengecekan mandiri diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan tata bahasa dalam analisis penulisan esai melalui Grammarly. Disisi lain, penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tahu penyebab dari kesalahan tata bahasa yang telah ditemukan. Penelitian ini menggunakan teori dari Dulay et al., (1982) dan Richard (1974). Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan instrument dalam bentuk dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 215 kasus kesalahan tata bahasa dan 155 kalimat penyebab kesalahan yang ditemukan. Berdasarkan hasil temuan, kesalahan tata bahasa dengan jumlah terbanyak adalah 103 kasus dengan persentase 47,91% yang termasuk dalam kesalahan misformation error. Sementara itu, penyebab kesalahan berjumlah 58 kalimat dengan total persentase 37,42% yang termasuk dalam ketidaktahuan akan pembatasan aturan (ignorance of rule restriction). Peneliti menyarankan agar para pelajar lebih memperhatikan struktur pola yang benar dalam menyusun kata dan kalimat. Pembelajar dapat menemukan cara untuk mengurangi kesalahan tata bahasa. Salah satunya adalah melalui evaluasi pembelajaran. Tidak hanya pembelajar, dosen juga perlu melakukan evaluasi terhadap tulisan esai mahasiswa untuk mengidentifikasi kesalahan yang paling dominan muncul dan memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi pembelajar. Peneliti juga menyarankan agar peneliti selanjutnya mempelajari penelitian analisis kesalahan dengan menggunakan kerangka teori yang berbeda, berbeda dengan yang digunakan dalam analisis peneliti saat ini dan penelitian sebelumnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Ahdi Riyono, S.S., M. Hum, Dosen Pembimbing II : Dr. Fitri Budi Suryani, S. S., M.Pd, |
Kata Kunci: | Kesalahan Grammatikal, Tulisan Esai, Analisis Kesalahan, Grammarly. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 19:06 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 19:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20474 |
Actions (login required)
View Item |