NI’MAH, MAZIYYATUN (2023) Penerapan augmented reality (ar) terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran ipa melalui model 3p (presage, process and product). Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (366kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman siswa dengan penerapan media konvensional (2) mendeskripsikan pemahaman siswa dengan penerapan media augmented reality (3) mendeskripsikan perbedaan pemahaman siswa dengan penerapan media konvensional dan media augmented reality. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Terdiri dari 2 variabel, variabel bebas yaitu penerapan augmented reality melalui model 3P dan variabel terikatnya adalah pemahaman siswa. Penelitian dilakukan di SD 1 dan 3 Jepangpakis dengan sampel berjumlah 39 orang menggunakan random sampling. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar berupa pemahaman siswa pada perlakuan kelas eksperimen dengan menggunakan media augmented reality sebesar 2,89%. Sebelum memberikan perlakuan pada kelas eksperimen skor siswa rata-rata 54,67 sedangkan setelah melakukan pembelajaran (posttest) dengan perlakuan skor meningkat menjadi 84,38. Pada kelas kontrol yang menggunakan media konvensional rata-rata skor pretest mendapatkan 54,67 dan posttest siswa mendapatkan hasil nilai 69.33. hasil uji gain score, kelas eksperimen menunjukkan 0,70 masuk pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan 0, 32 kategori rendah. Maka disimpulkan bahwa adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan augmented reality lebih menyenangkan dibandingkan dengan pembelajaran dengan media konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Eko Darmanto, S. Kom., M.Cs., M. TA |
Kata Kunci: | Media Augmented Reality, Model 3P dan pemahaman siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 20:40 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 20:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20479 |
Actions (login required)
View Item |