Interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia kelas iv sd 1 dukuhwaringin

FARICHY, AFFAN UYUNG AL (2023) Interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia kelas iv sd 1 dukuhwaringin. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia dan faktor rendahnya interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD Negeri 1 Dukuhwaringin. Penelitian ini membahas tentang bentuk interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD 1 Dukuhwaringin. Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. komunikasi merupakan kegiatan untuk saling memahami atau mengerti suatu pesan antara komunikator dengan komunikan. Tujuan akhirnya ialah agar orang lain mampu melakukan sesuatu tindakan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pemberi pesan atau komunikator Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa dan objek yang akan di teliti adalah interaksi komunikasi anak dalam penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD 1 Dukuhwaringin. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam ini adalah analisis model milles & huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD 1 Dukuhwaringin sudah melakukan pembelajaran menggunakan media aplikasi tiktok pada kelas IV. Mata pelajaran yang menggunakan media aplikasi tiktok adalah Bahasa Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di pilih karena sesuai dengan fitur-fitur pada aplikasi tiktok. Hasil dari penerapan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya interaksi komunikasi anak dengan guru maupun temannya. Hal ini di karenakan ketika pembelajaran berlangsung siswa membuka konten video game dan konten hiburan sehingga terlalu asik dan nyaman dengan fitur pada aplikasi tiktok tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 4 anak kelas IV SD 1 Dukuhwaringin cenderung kurang berinteraksi dengan guru maupun temannya. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung siswa membuka konten video game dan asik sendiri tanpa menghiraukan perintah dari guru sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, perlu pendampingan dan pengawasan dari guru ketika proses pembelajaran menggunakan media aplikasi tiktok berlangsung agar siswa tidak seenaknya sendiri mengakses konten video game.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Interaksi Komunikasi, Aplikasi Tiktok, Media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 23:20
Last Modified: 29 Feb 2024 23:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20481

Actions (login required)

View Item View Item