Code switching used by teacher in english learning process of the 10th grade at sma n 1 mejobo kudus in academic year 2023/2024

HARIYANTI, NUR (2023) Code switching used by teacher in english learning process of the 10th grade at sma n 1 mejobo kudus in academic year 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Alih kode menyampaikan informasi tentang identitas penutur yang berbeda, dan di negara bilingual, masyarakat selalu menggunakan alih kode dalam percakapannya. Dalam dunia pendidikan, guru mempunyai kontribusi penuh dalam mencapai tujuan dalam bahasa Inggris. Siswa belajar bahasa Inggris melalui pernyataan dan sumber guru mereka. Guru bahasa Inggris menginstruksikan dan mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Jika guru tidak menggunakan alih kode, sebagian besar siswa akan diam selama pembelajaran. Dengan menggunakan alih kode di dalam kelas, guru dapat mengurangi dan menghindari kesalahpahaman siswa saat menerima materi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan fungsi alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMA N 1 Mejobo Kudus. Penulis menggunakan teori Dell Hymes untuk menganalisis bentuk-bentuk alih kode dan teori Mattson dan Burenhult untuk menganalisis fungsi alih kode dari data yang dipilih. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi proses pengajaran bahasa Inggris di kelas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan kedua bentuk alih kode dalam proses pengajaran bahasa Inggris yang mencakup alih kode internal dan alih kode eksternal. Akibatnya tuturan guru mengandung alih kode yang merupakan alih kode eksternal yang dominan. Penulis juga menemukan ketiga fungsi alih kode yaitu fungsi alih topik, fungsi afektif, dan fungsi berulang. Dalam penelitian ini fungsi Repetitif lebih dominan dibandingkan fungsi lainnya. Terlihat dari hasil analisis dari rekaman video.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum Dosen Pembimbing II: Agung Dwi Nurcahyo S.S., M.Pd
Kata Kunci: Sosiolinguistik, Alih kode, Guru Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 23:45
Last Modified: 29 Feb 2024 23:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20485

Actions (login required)

View Item View Item