HARIYANTI, NUR (2023) Code switching used by teacher in english learning process of the 10th grade at sma n 1 mejobo kudus in academic year 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (481kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB I.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
Text (BAB 2)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI NUR HARIYANTI 201932074 - LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Alih kode menyampaikan informasi tentang identitas penutur yang berbeda, dan di negara bilingual, masyarakat selalu menggunakan alih kode dalam percakapannya. Dalam dunia pendidikan, guru mempunyai kontribusi penuh dalam mencapai tujuan dalam bahasa Inggris. Siswa belajar bahasa Inggris melalui pernyataan dan sumber guru mereka. Guru bahasa Inggris menginstruksikan dan mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Jika guru tidak menggunakan alih kode, sebagian besar siswa akan diam selama pembelajaran. Dengan menggunakan alih kode di dalam kelas, guru dapat mengurangi dan menghindari kesalahpahaman siswa saat menerima materi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan fungsi alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMA N 1 Mejobo Kudus. Penulis menggunakan teori Dell Hymes untuk menganalisis bentuk-bentuk alih kode dan teori Mattson dan Burenhult untuk menganalisis fungsi alih kode dari data yang dipilih. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi proses pengajaran bahasa Inggris di kelas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan kedua bentuk alih kode dalam proses pengajaran bahasa Inggris yang mencakup alih kode internal dan alih kode eksternal. Akibatnya tuturan guru mengandung alih kode yang merupakan alih kode eksternal yang dominan. Penulis juga menemukan ketiga fungsi alih kode yaitu fungsi alih topik, fungsi afektif, dan fungsi berulang. Dalam penelitian ini fungsi Repetitif lebih dominan dibandingkan fungsi lainnya. Terlihat dari hasil analisis dari rekaman video.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum Dosen Pembimbing II: Agung Dwi Nurcahyo S.S., M.Pd |
Kata Kunci: | Sosiolinguistik, Alih kode, Guru Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 23:45 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 23:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20485 |
Actions (login required)
View Item |