HIDAYATI, ULFAH (2023) Pengaruh metode qiraati dan yanbu’a Terhadap hasil belajar membaca al-qur’an Di satuan paud sejenis kabupaten jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (84kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (3).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian adalah, masih adanya sebagian anak yang hasil belajarnya dalam membaca Al-Qur’an kurang lancar dan kurang maksimal, baik dilihat dari pengucapan maupun intonasinya. Sementara metode yang diterapkan oleh guru ada berbagai macam, diantaranya adalah metode Qiraati dan Yanbu’a. Rumusan masalah penelitian ini adalah, apakah: 1) metode Qiraati memiliki pengaruh terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an; 2) metode Yanbu’a memiliki pengaruh terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an; dan 3) metode Qiraati dan metode Yanba’u memiliki pengaruh terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an bagi anak SPS di Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode Qiraati terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an; 2) pengaruh metode Yanbu’a terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an; dan 3) pengaruh metode Qiraati dan metode Yanba’u terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an bagi anak SPS di Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek penelitian sejumlah 100 orang, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi dan angket, adapun teknik analisis data digunaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode qiraati memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar membaca Al-qur’an sebesar 47,1%; 2) penerapan metode yanbu’a memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar membaca Al-qur’an; dan 3) penerapan metode qiraati dan metode yanbu’a memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar membaca Al-qur’an sebesar 47% dengan signifikansi 0,001, karena 0,001 < 0,50, maka hipotesis kerja: ”Metode qiraati dan metode yanbu’a berpengaruh terhadap hasil belajar membaca Al-qur’an pada anak SPS di Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara” dinyatakan diterima atau terbukti.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Santoso, M.Pd., Dosen Pembimbing Ii: Dr. Gudnanto, M.Pd., Kons., |
Kata Kunci: | metode qiraati, metode yanbu’a, hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 01:00 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20488 |
Actions (login required)
View Item |