Analisis penggunaan media perdutansi dalam membangkitkan motivasi belajar siswa kelas iv sdn 3 gulang

KHARIS, ABDUL (2023) Analisis penggunaan media perdutansi dalam membangkitkan motivasi belajar siswa kelas iv sdn 3 gulang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis motivasi belajar siswa SD. (2) Menganalisis Penggunaan media Perdutansi dalam membangkitkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Gulang. Media Perdutansi (Permainan Edukasi Metamorfosis dan Puisi) adalah sebuah permainan edukasi berbasis android yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari serta memahami konsep tentang pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Motivasi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya motivasi belajar siswa dapat memiliki kemauan belajar yang tinggi. Selain orang tua, guru juga berperan sangat penting dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN 3 Gulang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Data di analisis yang dipakai dalam penelitian adalah analisis milik Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan media perdutansi untuk membangkitkan motivasi belajar kelas IV berjalan dengan baik, memberikan dampak yang positif bagi siswa. Media yang diterapkan dalam pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Motivasi belajar siswa setelah penerapan media perdutansi pada mata pelajaran bahasa indonesia dan IPA menunjukan hal yang positif. Siswa memiliki gairah dan semangat belajar yang tinggi selama pembelajaran yang ditunjukan dengan adanya keaktifan siswa bertanya, kondusifitas kelas saat pembelajaran, dan terciptanya komunikasi aktif antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Terciptanya kemandirian belajar oleh siswa yang ditunjukkan dengan kemandirian siswa untuk mencatat hal-hal penting. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Media Perdutansi sangat baik digunakan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Terdapat saran yang dikemukakan yaitu guru sebaiknya memberikan pembelajaran yang bervariasi baik dalam model, metode maupun media pembelajaran yang akan digunakan, serta perlunya pendekatan khusus yang diberikan kepada siswa untuk membangkitkan minat siswa baik terhadap muatan pembelajaran yang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing II: 4. Santoso, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Permainan Edukasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:30
Last Modified: 01 Mar 2024 01:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item