PRASTIWI, IKA VUSFITA ARI (2023) Peningkatan pemahaman konsep matematis materi bangun ruang menggunakan model problem solving melalui media video interaktif kelas v sdn 1 karanggeneng. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (951kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (421kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV-.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (435kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matmatis siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang di temui di SDN 1 Karanggeneng. Hasil prasiklus ketuntasan klasikal siswa yang belum memahami konsep yaitu (84,21 %) . Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis, mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan model problem solving melalui media video interaktif pada Kelas V SDN 1 Karanggeneng Problem solving merupakan model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa serta kreativitasnya dalam proses pembelajaran. Video interaktif merupakan media yang dirancang khusus sebagai media pembelajaran yang efektif. Berisi panduan praktis yang tepat sasaran, disajikan melalui penyajian audio visual (gambar dan suara) dilengkapi panduan suara bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dipahami . Siswa dapat belajar secara mandiri setiap saat dan akan sangat mendukung untuk peningkatan pemahaman konsep matematis Penelitian tindakan kelas berbentuk (Class Room Action Research) Desain desain Kemmis dan Mc Taggartdengan populasi penelitian kelas V di SDN 1 Karanggeneng tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 19 siswa mengguakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model problem solving melalui media video interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang siswa Kelas V SDN 1 Karanggeneng Penelitian ini hendaknya guru menerapkan model problem solving melalui media video interaktif menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami konsep materi bangun ruang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemahaman Matematis, Problem Solving, Video Interaktif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 01:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20491 |
Actions (login required)
View Item |