Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media monies

RAMADHANI, NADYA LAILA (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media monies. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran terlihat monotan, kurang menarik perhatian siswa dan menyebabkan siswa mudah bosan sehingga tidak mendengarkan pembelajaran. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan realita yang ditemukan di SDN 3 Padurenan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan menerapan model pembelajaran TGT berbantuan media Monies untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 3 Padurenan. Model pembelajaran TGT merupakan teknik pembelajaran dengan menggabungkan kelompok belajar dengan kompetisi tim, dan bisa digunakan untuk meningkatkan pembelajaran beragam fakta, konsep dan keterampilan. Media Monies (Monopoli Keunggulan Kudus) adalah media edukasi yang berbentuk monopoli yang disetiap kotak pijakan terdapat kartu pertanyaan, kartu langkah, dan kartu belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Padurenan dengan subjek penelitian 13 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Monies dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran IPAS materi norma dan adat istiadat siswa kelas IV SDN 3 Padurenan. Hasil penelitian siklus I pada ranah kognitif memperoleh ketuntasan klasikal 46,15% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,92%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 71,5% dan meningkan pada siklus II menjadi 84,5%. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Monies menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami pembelajaran IPAS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Media Monies
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 18:37
Last Modified: 01 Mar 2024 18:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20497

Actions (login required)

View Item View Item