Manajemen kurikulum dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya pembinaan kinerja guru di sd 3 terban terban jekulo

MASRUKAN, MASRUKAN (2023) Manajemen kurikulum dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya pembinaan kinerja guru di sd 3 terban terban jekulo. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya pembinaan kinerja guru Di SD 3 Terban Jekulo, Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah (1) a) Manajemen Perencanaan kurikulum SD 3 Terban dilakukan dengan Team Work, melibatkan berbagai pihak. berpedoman pada kebijakan pemerintah, visi, misi dan tujuaan sekolah dengan memperhatikan kebutuhan siswa, karakteristik lingkungan sekolah, dan kemajuan zaman serta evaluasi dari pelaksanaan kurikulum tahun sebelumnya. Perencanaan yang dilakukan menggunakan model perencanaan The Dicipline Model. b) Manajemen pengorganisasian kurikulum dilakukan dengan dua pendekatan yakni secara struktural dalam konteks manajemen dilakukan melalui pengorganisasian sumber daya manusia dengan pembagian tugas dan wewenang yang jelas , dan secara fungsional dalam konteks akademik yang dilakukan melalui pengorganisasaian alokasi waktu struktur kurikulum dan dan pengorganisasian konten belajar c) Manajemen pelaksanaan Kurikulum terwujud dalam berbagai kegiatan-kegiatan sekolah yang berhubungan dengan tugas kepala sekolah, tugas guru, kegiatan pembelajaran, kegiatan kesiswaan, dan sarana-prasarana sekolah. Dalam proses pembelajaran, pelaksanaan yang dilakukan mengacu pada dokumen perencanaan yang telah disusun, namun guru melakukan berbagai penyesuaian berdasarkan konteks yang terjadi di lapangan. Pendekatan dalam pelaksanaan manajemen kurikulum menggunakan pendekatan enactment curriculum. d) Manajemen Evaluasi Kurikulum SD 3 Terban sudah menerapkan 5 prinsip evaluasi kurikulum yaitu berkesinambungan, Prinsip tujuan, prinsip obyektif, kooepratif dan komprehensif. (2) a) Dalam membuat kebijakan akademik, kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, b) Dalam membuat perencanaan dan peningkatan kinerja guru, kepala sekolah SD 3 Terban menerapkan gaya kepemimpinan tim, c) Dalam upaya memotivasi dan mendukung kinerja guru, kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan path goal dan gaya kepemimpinan transformasional, d) Dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja guru, kepala sekolah SD 3 Terban melaksanakan gaya kepemimpinan tim.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, MA Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.,
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 19:00
Last Modified: 01 Mar 2024 19:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item View Item