Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas 5 di sd n 4 damarjati

SOFIANA, RISA AMELIA (2023) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas 5 di sd n 4 damarjati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SD N 4 Damarjati\ Motivasi belajar adalah peranan sebagai penumbuhan gairah dalam diri setiap individu, serta memunculkan perasaan penggerak semangat untuk belajar. Siswa yang memilki motivasi tinggi akan memiliki semangat dan banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar sehari-harinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data Penelitian ini dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N 4 Damarjati Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak populasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh, yaitu seluruh peserta didik V SD N 4 Damarjati Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPA di Kelas V di SD N 4 Damarjati. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil uji paired sampel t test yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan kurang dari 0,05 maka Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPA di Kelas V di SD N 4 Damarjati. Kesimpulan dalam penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa dengan menggunakan Media Audio Visual Pada mata pelajaran IPA di Kelas V di SD N 4 Damarjati. Media Audio Visual menjadikan kegiatan pembelajaran yang berlangsung menarik, sehingga siswa tidak merasa bosan menyimak materi yang dipaparkan oleh pendidik, atau dengan kata lain dengan menggunakan Media Audio Visual, persentasi yang dibawakan akan menjadi lebih hidup juga menyenangkan sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPA di Kelas V di SD N 4 Damarjati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 19:23
Last Modified: 01 Mar 2024 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20504

Actions (login required)

View Item View Item