Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audio visual berbasis aplikasi canva untuk Meningkatkan minat siswa terhadap Pembelajaran ipas di sd 3 margorejo

PUTRI, NOVI MAYASARI (2023) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audio visual berbasis aplikasi canva untuk Meningkatkan minat siswa terhadap Pembelajaran ipas di sd 3 margorejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang muncul di SD 3 Margorejo adalah rendahnya minat belajar siswa khusunya pada mata pelajaran IPAS. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media audio visual berbasis alikasi canva terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui peningatan skor rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media audio visual berbasis aplikasi terhadap minat belajar siswa. Model Quantum Teaching adalah proses pembelajaran dengan memberikan latar belakang dan strategi untuk meningkatkan pembelajaran dan membuat proses lebih menyenangkan. Kemudian, media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses pembelajaran yang disajikan melalui program audio visual seperti video, presentasi, animasi, dan lain-lain. Aplikasi Canva adalah program desain online ruang belajar untuk setiap guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran yang menyediakan banyak template menarik untuk menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Minat belajar merupakan motivasi siswa yang tinggi untuk memperoleh pengetahuan dengan didorong oleh keinginan yang kuat untuk meningkatkan keinginan belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SD 3 Margorejo dengan menggunakan menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan model Nonequivalent Control Group Design. Kemudian untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunkan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan skor Paired Samples Test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata minat belajar pada siswa (70). Sedangkan dari uji N-gain score adalah sebesar 57% yang dapat ditafsirkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbantuan media audio visual berbasis alikasi canva cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media audio visual berbasis alikasi canva terhadap minat belajar siswa, dan (2) model Quantum Teaching berbantuan media audio visual berbasis alikasi canva cukup efektif meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, M.Pd
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Media Audio Visual, Aplikasi Canva, Minat Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 19:59
Last Modified: 01 Mar 2024 19:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20506

Actions (login required)

View Item View Item