Pengaruh kegiatan jurnal pagi terhadap kesiapan belajar dan hasil belajar anak usia dini di tk kecamatan pakuhaji

S., RINNI OKTAVIANI (2023) Pengaruh kegiatan jurnal pagi terhadap kesiapan belajar dan hasil belajar anak usia dini di tk kecamatan pakuhaji. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
1. HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempersiapkan anak usia dini mengikuti tahapan pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Dimana ditemukan dalam proses kegiatan belajar anak usia dini anak belum siap untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan di sekolah hingga masih banyak yang ditunggui oleh orangtuanya. Untuk itu guru mencari tahu kegiatan apa yang dibutuhkan oleh setiap murid agar mempunyai suatu kegiatan transisi sebelum melakukan kegiatan pembelajaran inti, karena tidak mudah bagi seorang anak mengurai perasaan, kebutuhannya dan keinginanya saat anak tiba di sekolah. Dibutuhkan suatu perjuangan seorang anak untuk sampai ke sekolah, karena kita tidak pernah tahu kondisi anak pada saat datang ke sekolah dalam perasaan senang, sedih atau marah. Untuk itu penulis mengangkat Penelitian ini dengan tema Jurnal Pagi, kegiatan ini untuk mengetahui apakah jurnal pagi dapat meningkatkan kesiapan belajar anak dan hasil belajar anak usia dini di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya Taman Kanak-kanak di Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Jurnal Pagi ini adalah proses pengkondisian anak untuk memasuki rangkaian kegiatan-kegiatan pembelajaran di sekolah atau sebagai aplikasi semua pengetahuan yang dimiliki oleh anak, tertuang dalam bentuk gambar ataupun tulisan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi di 3 (tiga) lembaga Taman Kanak-kanak sebagai kelas eksperimen yang belum melakukan kegiatan jurnal pagi dan 2 (dua) lembaga TK yang sudah melaksanakan jurnal pagi sebagai perbandingan atau sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian menjelaskan adanya peningkatan 6 aspek perkembangan anak usia dini yang terlihat dari nilai score yang telah dianalisis bahwa jurnal pagi dapat meningkatkan kesiapan belajar anak dan hasil belajar anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kecamatan Pakuhaji. Kesimpulan dari analisis Jurnal Pagi adalah aplikasi semua pengetahuan yang dimiliki oleh anak, tertuang dalam bentuk gambar ataupun tulisan. Penting untuk guru selalu menggali semua informasi yang anak butuhkan, agar semua yang anak lakukan menjadi sebuah pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan diperhatikan agar guru lebih memahami kegiatan jurnal pagi dan memperbanyak jenis variasi sebelum kegiatan yang dapat dilakukan dalam program jurnal pagi, seperti mensetting ruangan atau kelas untuk jurnal pagi agar terlihat lebih menarik, bercerita kepada anak tentang situasi pagi hari di sekitar sekolah, mengajak anak bernyanyi atau kegiatan yang menarik lainnya agar anak termotivasi dan siap untuk belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Santoso, S.Pd, M.Pd, Dosen Pembimbing 2: Dr. Agung Slamet Kusmanto, S.Pd, M.Pd, Kom
Kata Kunci: Jurnal Pagi, Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 17:58
Last Modified: 03 Mar 2024 17:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item