Nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di desa troso

Shodikin, Ahmad (2023) Nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di desa troso. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso.Untuk menganalisis faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso. Untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan mutu pendidikan, perlu adanya sumber belajar yang berkualitas. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat mendukung proses belajar sehingga memberikan perubahan yang positif. Pada penelitian ini menggunakan sumber belajar yang dapat anak temukan dalam kehidupan kesehariannya seperti proses pembuatan tenun troso yang dilakukan masyarakat di Desa Troso. Tenun Troso termasuk warisan budaya yang memerlukan bentuk pengapresiasian terhadap karya-karyanya. Dalam nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso dapat dikatakan berhasil bila anak mampu memahami dan menghargai kerajinan tenun troso yang dihasilkan orang tuanya. Dengan begitu nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso dapat dijadikan sumber belajar untuk mendukung proses belajar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomology sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini di laksanakan di Desa Troso, dengan mengambil subjek orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Dan analisis data kualitatif deskriptif merupakan analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Penerapan nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso. Terdapat berbagai muatan materi, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar anak-anak di Desa Troso. Muatan materi yang terdapat pendidikan karakter anak di Desa Troso yaitu pada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Dengan penerapan proses nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa Troso sebagai sumber belajar, dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna sebab berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari anak. (2) Faktor penghambat nilai-nilai pewarisan budaya tenun diantaranya beberapa anak masih pada tahapan senang atau takjub, tidak semua anak yang orang tuanya memiliki usaha tenun mereka membantu bertenun karena membutuhkan keuletan yang tingga serta kesabaran dalam mengatur benang yang dijadikan motif pada tenun, sehingga anak-anak kurang sabar. Faktor pendukung nilai-nilai pewarisan budaya tenun dalam pendidikan karakter anak di Desa. Faktor pendukung adalah adanya support dari orang tua yang memperhatikan anak-anaknya untuk menghargai karya atau budaya tenun yang ada di desa, selain itu orang tua juga menanmkan pendidikan karakter seperti bekerja keras, ketekunan, tanggung jawab serta keuletan dalam bekerja atau melakukan kegiatan apapun yang dilakukan oleh anak-anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Nur Fajrie, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, M.Pd.,
Kata Kunci: Nilai Budaya, Tenun, Pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 19:15
Last Modified: 03 Mar 2024 19:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item