Peningkatan keterampilan membaca huruf konsonan menggunakan media flashcard pada siswa kelas i sdn kedungwaru lor

Sari, Savira Galuh Kumala (2023) Peningkatan keterampilan membaca huruf konsonan menggunakan media flashcard pada siswa kelas i sdn kedungwaru lor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca kata atau kalimat yang berakhiran huruf konsonan dengan menerapkan media pembelajaran flashcard dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi membaca dan melafalkan suku kata dan kata-kata yang berawalan huruf ‘g’ pada BAB 6 “Berbeda Itu Tak Apa” kelas I SDN Kedungwaru Lor. Keterampilan membaca huruf konsonan adalah kemampuan membaca siswa dalam membaca permulaan yang difokuskan pada huruf-huruf konsonan yang berada di tengah kata ataupun diakhir kata dalam sebuah kalimat. Flashcard merupakan kartu kata yang dibuat untuk mempermudah siswa dalam latihan membaca, sehingga siswa bisa belajar sambil bermain. Dikartu kata tersebut terdapat 2 bagian yang terdiri atas satu bagian berisi suku kata dan satu bagian berisi kata yang dimaksud. Sehingga dapat menjadikan perantara bagi guru untuk menjelaskan materi yang akan dibahas dan dapat mempermudah aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca kata atau kalimat yang berakhiran huruf konsonan dan aktivitas belajar siswa pada materi BAB 6 “Berbeda Itu Tak Apa”. Hasil tes membaca lisan kata atau kalimat yang berakhiran huruf konsonan meningkat secara signifikan, pada siklus I memperoleh 62,5% meningkat pada siklus II menjadi 83,3%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh 71,5% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 89% dengan kriteria sangat baik. hal tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan setelah penerapan media pembelajaran flashcard saat pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN Kedungwaru Lor. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilaksanakan pada kelas I SDN Kedungwaru Lor, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca huruf konsonan siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Huruf Konsonan, Flashcard
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 20:03
Last Modified: 03 Mar 2024 20:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item