Pengaruh kompetensi kepala sekolah dan supervisi pengawas terhadap mutu sekolah pada taman kanak-kanak di kecamatan kaliwungu kabupaten kudus

ASKAN, ALI (2023) Pengaruh kompetensi kepala sekolah dan supervisi pengawas terhadap mutu sekolah pada taman kanak-kanak di kecamatan kaliwungu kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan Penelitian adalah untuk (1) menganalisis pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap terhadap mutu sekolah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus (2) menganalisis pengaruh supervisi pengawas terhadap terhadap mutu sekolah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus;. (3) menganalisis pengaruh kompetensi kepala sekolah dan supervisi pengawas secara bersama-sama terhadap mutu sekolah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Metode penelitian adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Ex Post Facto. Penelitian ini dilakukan pada taman kanak-kanak di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Populasi penelitian adalah seluruh guru dan kepala sekolah taman kanak-kanak di Kecamatan Kaliwungu berjumlah 107 guru. Sampel penelitian berjumlah 107 orang, dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Variabel penelitian adalah kompetensi kepala sekolah dan supervisi pengawas sebagai variable bebas dan mutu sekolah sebagai variable terikat. Metode pengumpulan data adalah angket. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 22. Hasil penelitian adalah 1) terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah sekolah terhadap mutu sekolah taman kanak-kanak di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, sebesar 17,5% dengan persamaan regresinya adalah Y = 92.412+ 0, 392X1 : 2) terdapat pengaruh supervises pengawas sekolah terhadap mutu sekolah taman kanak-kanak di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, sebesar 21,3% dengan persamaan regresinya adalah Y = 89,357+ 0,473X2. 3) terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah dan supervises pengawas secara bersama-sama terhadap mutu sekolah taman kanak-kanak di kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, sebesar 29,5%. dengan persamaan regresinya adalah Y = 67,113 + 0, 286X1 +0, 376X2 2artinya apabila kompetensi kepala sekolah dan supervises pengawas baik maka mutu sekolah juga meningkat. Kesimpulannya kompetensi kepala sekolah dan supervisi pengawas berpengaruh terhadap mutu sekolah taman kanak-kanak di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Saran dari peneliti adalah hendaknya kepala sekolah TK dapat meningkatkan kompetensinya agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. A Hilal Madjdi, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd
Kata Kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Pengawas, Mutu Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 21:42
Last Modified: 03 Mar 2024 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item