An analysis of grammatical error in Writing recount text of the tenth grade students at sma nu alma'ruf kudus in the academic year 2022/2023

PRAVITASARI, AUFA GISTI (2023) An analysis of grammatical error in Writing recount text of the tenth grade students at sma nu alma'ruf kudus in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER 1]
Preview
Text (CHAPTER 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER 2] Text (CHAPTER 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER 3] Text (CHAPTER 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER 4] Text (CHAPTER 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER 5] Text (CHAPTER 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of CHAPTER 6] Text (CHAPTER 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of REFERENCES]
Preview
Text (REFERENCES)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of APPENDICES] Text (APPENDICES)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesalahan apa saja yang sering dilakukan siswa dalam menulis teks recount dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menulis teks recount siswa SMA NU Al Ma'ruf Kudus. Menulis adalah keterampilan yang paling menantang bagi pembelajar bahasa kedua untuk dikuasai. Teks recount menceritakan pengalaman siswa yang menarik atau tak terlupakan. Hal tersebut terjadi di masa lalu, sehingga siswa tidak perlu bersusah payah untuk mewujudkannya, dan hal tersebut dapat memotivasi mereka dalam menulis. Berdasarkan pertimbangan ini, peneliti memutuskan untuk memilih teks recount sebagai aktivitas menulis siswa dalam penelitian ini. Sumber kesalahan dalam belajar bahasa dapat terjadi karena intervensi sistem dari bahasa ibu pembelajar dan karakteristik umum dari pola belajar bahasa. Recount text adalah teks berurutan yang tidak lebih dari sekedar mengurutkan serangkaian peristiwa. Analisis Kesalahan (EA) terdiri dari prosedur untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menjelaskan kesalahan pelajar. Penelitian kualitatif paling cocok untuk mengatasi masalah penelitian yang perlu diketahui dan dieksplorasi oleh para peneliti. Analisis isi adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan sahih dari teks atau hal-hal lain yang bermakna sesuai dengan konteks penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis isi karena penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan tata bahasa siswa dalam menulis teks recount dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Siswa kelas sepuluh SMA NU Al Ma'ruf Kudus tahun ajaran 2022/2023 sebagai populasi dan mengambil sampel kelas X-6 dan X-8. Peneliti menggunakan dokumen siswa sebagai instrumen untuk mendapatkan keakuratan data. Peneliti menyimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X-6 dan X-8 SMA NU Al Ma'ruf Kudus dalam menulis teks recount. Jumlah total kesalahan yang dilakukan siswa adalah 199 dari 48, dan kesalahan tertinggi yang ditulis oleh siswa adalah tanda baca dengan frekuensi pada siswa 36. Untuk kata, jumlah total kesalahan adalah 199 dari 463 kata. Faktor utama yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menulis teks recount adalah terjemahan. Penerjemahan menjadi faktor penting yang membuat siswa kesulitan dalam menulis ide karena fitur bahasa Indonesia sangat berbeda dengan bahasa Inggris. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat menginspirasi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lain yang berkaitan dengan analisis kesalahan gramatikal dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan untuk memperkaya penelitian yang sudah ada.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd and Dosen Pembimbing 2: Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Tata Bahasa dalam Penulisan, Analisis Kesalahan, Recount Text
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 21:58
Last Modified: 03 Mar 2024 21:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20522

Actions (login required)

View Item View Item