Pengembangan model pembelajaran problem based learning dengan metode question formulation technique untuk kemampuan berpikir kritis siswa madrasah ibtidaiyah kecamatan jepara

IQOMAH, NURUL (2023) Pengembangan model pembelajaran problem based learning dengan metode question formulation technique untuk kemampuan berpikir kritis siswa madrasah ibtidaiyah kecamatan jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan, mengembangkan desain, dan menguji efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan metode question formulation technique (PBL-QFT) pada materi IPA daur hidup hewan untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 MI Kabupaten Jepara. Model pembelajaran tersebut diaplikasikan pada praktik pembelajaran materi IPA daur hidup hewan siswa kelas 4 MI. PBL-QFT berdasarkan teori bahwa siswa memperoleh pengetahuan yang lebih optimal jika aktif berkolaborasi terlibat tahap-tahap penyelesaian masalah, mempelajari bahan yang relevan dengan dukungan guru sebagai fasilitator belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model tahap R&D Borg & Gall yang disesuaikan. Tahapnya yaitu: analisis kebutuhan, desain produk PBL-QFT, validasi ahli, revisi, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, eksperimen PBL-QFT, evaluasi dan revisi, finalisasi produksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas 4 MI Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi atau pengamatan, catatan insidental, kuesioner (angket), dan tes. Analisis data untuk mengetahui beda rata-rata dua kelompok data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan wawancara dan angket dari 6 guru dan 24 siswa madrasah ibtidaiyah Kecamatan Jepara, mereka membutuhkan panduan menyelenggarakan kegiatan PBL-QFT. Model ini berisi penjelasan tentang pendekatan, sintaks proses pembelajaran, panduan merespons siswa, dan formulir pendukung. Sembilan ahli telah menyatakan bahwa model ini valid dengan nilai sangat layak pada aspek materi dan tampilan model, layak pada aspek kepraktisan. Eksperimen menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL-QFT efektif meningkatkan kemampuan kritis dan kemampuan bertanya. Hal ini ditunjukkan, pada kelas perlakuan, hasil data pre-test dan post-test memiliki perbedaan signifikan pada aspek kemampuan berpikir kritis (selisih mean = 1,08, z = -4,112, p =.000) maupun kemampuan bertanya (selisih mean = 2,74, z = -4,576, p = 0.000). Sementara pada kelas kontrol, tidak ada perbedaan yang signifikan. Pada aspek kemampuan kritis, selisih mean 0,13, dengan nilai p = 0.543. Sedangkan pada aspek kemampuan bertanya, selisih mean sebesar 0.28948 dengan p = 0,298. Tidak ada beda signifikan pada kelas kontrol dengan kriteria p < 0,05. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan model pembelajaran PBL-QFT efektif membantu guru dalam mengembangkan kemampuan kritis dan bertanya siswa madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Ibu Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Bapak Dr. Nur Fajrie, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Question Formulation Technique, Berpikir Kritis, Daur Hidup Hewan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Mar 2024 19:13
Last Modified: 04 Mar 2024 19:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20533

Actions (login required)

View Item View Item