Dewi, Kuntari Candra (2023) Model pembelajaran circ berbantu media “kaca api” untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas ii sd 5 jepang kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (596kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (154kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pada siswa. Beberapa siswa masih kesulitan dalam membacanya, sehingga dapat memperngaruhi proses belajaranya. Selain itu pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga berpengaruh. Kurangnya penggunkaan model pembelajaran dan media pembelajaran juga akan membuat siswa mudah bosan. Selain itu penggunkan model pebelajaran dengan metode ceraman akan membuat siswa pasif dan mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsiskan keterampilan guru dan menganalisis kemampuan membaca siswa melalui penggunkaan model CIRC berbantu media Kaca Api. Keterampilan membaca merupakan penguasaan yang dimiliki dalam melakukan semua aktivitas baik fisik maupun mental untuk meningkatkan skill dalam bekerja, penguasaan dalam bidang akademik dan ikut serta dalam kehidupan bermasyarakat sekitar. Model pembelajaran CIRC adalah suatu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberikan kesempatan peserta didik untuk saling bekerja sama dengan sesama kelompoknya. Media KACA API merupakan sebuah kartu yang memuat bacaan tentang topik tertentu. Penelitain ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD 5 Jepang pada kelas II yang terdiri dari dua siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CIRC berbantu media kartu baca, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil keterampilan membaca siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan membaca siswa dan keterampilan mengajar guru. Keterampilan membaca siswa pada siklsu I memperoleh rata-rata sebesar 50 dan meningkat pada suklus II mendadi 88, 22. Keterampilan mengajar guru pada siklus I mecapai 74,11 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,14. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajran CIRC berbantu media Kaca Api dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa dan keterampilan mengajar guru kelas II SD 5 Jepang. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru adalah guru dapat menggunakan model CIRC berbantu media KACA API, dan saran untuk peneliti lainnya adalah menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian menggunakan model atau media yang sama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Membaca, CIRC, Kartu Baca, Keterampilan Mengajar Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 19:28 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 19:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20534 |
Actions (login required)
View Item |