Implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah di sd 1 bakalan krapyak

MUQTAFIA, AFI CHOIRINA (2023) Implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah di sd 1 bakalan krapyak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Saat ini, banyak sekali penyimpangan yang terjadi pada siswa, misalnya kejahatan terhadap teman, bullying, dan lain-lain. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 1 Bakalan Krapyak bahwa beberapa siswa masih ada yang melakukan kejahatan terhadap teman seperti mengejek teman, bullying, dan lain-lain. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum mengerti pentingnya toleransi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak dan faktor pendukung serta penghambatnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak dan menganalisis faktor pendukung serta penghambatnya. Sikap toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Sikap toleransi dapat diterapkan dimanapun baik itu dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Sikap toleransi dapat diterapkan dilingkungan sekolah salah satunya melalui budaya sekolah. Budaya sekolah adalah norma perilaku warga sekolah yang terdiri dari seperangkat tradisi dan kebiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berorientasi pada naratif yang akan dilaksanakan di SD 1 Bakalan Krapyak. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive dengan subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang mengikuti konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak sudah berjalan dengan baik melalui diskusi kelas dan beberapa kegiatan yaitu kegiatan religius, kegiatan pembiasaan hidup bersih, kegiatan keakraban, kegiatan nasionalis, kegiatan literasi dan ekstrkurikuler. Faktor pendukung implementasi sikap toleransi melalui budaya sekolah yaitu warga sekolah, dukungan dari orang tua, masyarakat, pihak sekolah, pemangku kepentingan, sarana prasarana yang memadai, manajemen sekolah yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain karakter siswa sendiri, latar belakang siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran agama yang terbatas, tidak terdapat peraturan sekolah yang tertulis tentang larangan diskriminasi di sekolah. Penelitian ini diharapkan guru senantiasa memberikan nasihat dan teladan yang baik dalam menerapkan sikap toleransi pada siswa, sehingga siswa bisa meneladani sikap guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Sikap Toleransi, Budaya Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Mar 2024 20:05
Last Modified: 04 Mar 2024 20:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item View Item