Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying terhadap siswa kelas tinggi sd 2 padurenan

ROYANI, ONY (2023) Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying terhadap siswa kelas tinggi sd 2 padurenan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan latar belakang penelitian ini berfokus tentang bentuk bullying, proses terjadinya dan bagaimana peran guru dalam kelas dalam mengatasi perilaku bullying terhadap kelas IV SD 2 Padurenan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying, penyebab terjadinya bullying, serta bagaimana peran guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV SD 2 Padurenan. Bullying adalah tindakan yang melibatkan kekerasan fisisk dan perilaku psikologis yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap orang lain yang dilakukan secara sengaja agar orang tersebut merasa takut atau tertekan. Bentuk perilaku bullying meliputi bullying fisik, verbal, dan psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan secara detail bentuk perilaku bullying, serta mendeskripsikan upaya yang guru lakukan dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV SD 2 Padurenan, Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan jenis penelitian study kasus. sampel sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, Kepala Sekolah, dan Siswa kelas IV SD 2 Padurenan. Untuk memperoleh data digunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini di uji keabsahan datanya menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, bullying di kelas adalah suatau perilaku/perbuatan yang dilakukan siswa dengan tujuan untuk menyakiti baik secara fisik maupun secara mental yang dilakukan dengan berbagai cara fisik, verbal, maupun dengan mengucilkan teman sebayanya. Adapun jenis perilaku bullying yang dilakukan siswa kelas IV SD 2 Padurenan adalah bullying verbal seperlti mengejek gendut, hitam, bau badan, dan mengejek menggunakan nama orang tua, sedangkan bullying fisik seperti memukul. pola terbentuknya perilaku bullying siswa kelas IV SD 2 Padurenan yaitu yang pertama, setatus sosial dan ekonomi orang tua siswa, kedua, mempunyai karakter fisik yang berbeda dengan siswa yang lainnya, dan yang ketiga, terbentuknya lingkaran pertemanan antar siswa. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan guru ketika siswa terjadi persoalan yaitu wali kelas akan memanggil siswa yang bersangkutan, guru akan mencari tahu persoalan apa yang telah terjadi. Siswa yang melakukan kesalahan akan dipanggil dan dipertemukan dengan korban ke ruang guru untuk diberi nasehat, kedua belah pihak didamaikan, dibuat kesepakatan supaya tidak mengulanginya lagi. Apabila masih belum terselesaikan maka dialih tangan ke kepala sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Khamdun, M. Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Gunawan Setiadi, S. IP., M. Pd.
Kata Kunci: Peran guru kelas, Perilaku Bullying
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Mar 2024 20:20
Last Modified: 04 Mar 2024 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item