Penerapan konseling rational emotive therapy dengan teknik reinforcement untuk mengoptimalkan motivasi belajar di pondok pesantren an-nuur

HIKMAH, DWI SYLVIATUN (2023) Penerapan konseling rational emotive therapy dengan teknik reinforcement untuk mengoptimalkan motivasi belajar di pondok pesantren an-nuur. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Motivasi belajar merupakan dorongan untuk terus belajar guna mencapai prestasi belajar yang baik. sedangkan peserta didik yang mengalami penurunan motivasi belajar ditandai dengan kurangnya tanggung jawab dalam pengerjaan dan pengumpulan tugas, mudah putus asa dalam menghadappi kesulitan, tidak adanya doorngan dari luar untuk berprestasi, tidak adanya cita-cita atau tujuan yang hendak dicapai, memiliki pendirian yag lemah sehingga mudah terpengaruh dari luar. Untuk membantu peserta didik yang mengalami penurunn belajar, peneliti berupaya menggunakan pendekatan konseling rational emotiver therapy. Pendekatan rational emotive therapy merupakan proses terapeuetik yang digunakan untuk mempebaiki dan merubah persepsi keyakinan serta pandangan seseorang yang irrasional dan tidak logis menjadi rasional dan logis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu MYI dan RP santri dari pondok pesantren An-Nur yang mengalami penurunan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga memperoleh data yang akurat penyebab dari penurunan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan konseling Rational emotive therapy peneliti menumukan faktor penyebab konseli mengalami penurunan motivasi belajar. faktor ini terdiri dari faktor internal dan eksternal. Dalam faktor internal konseli mengalami yang mengalami penurunan motivasi belajar siswa adalah konseli memiliki pemikiran yang irrasional. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor lingkungan dan keluarga. Setelah melakukan konseling selama tiga kali pertemuan dapat dilihat peningkatan motivasi belajar pada siswa. Hal ini terlihat dari konseli MYI dan RP yang awalnya memiliki pemikiran irrasional sehingga timbul rasa malas belajar, setelah diberikan layanan konseling rational emotive therapy dengan teknik reinforcement yang dilakukan selama tiga kali pertemuan terdapat berubahan pikiran dan perilaku dari MYI dan RP. Oleh karena itu, diharapkan kepada pengurus pondok untuk dapat memfasilitasi siswa yang perlu diberikan layanan bantuan untuk membantu siswa-siswa lain yang memiliki permasalahan yang sedang dialami.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Drs. Sucipto, M. Pd, Kons Dosen Pembimbing 2: Drs. Arista Kiswantoro, M. Pd
Kata Kunci: Rational Emotive Therapy , Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Mar 2024 23:57
Last Modified: 04 Mar 2024 23:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item View Item