Pengembangan model supervisi akademik berbasis tqm di sekolah dasar kabupaten kudus

WINDARYATI, WINDARYATI (2023) Pengembangan model supervisi akademik berbasis tqm di sekolah dasar kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan ini atau research and development (R & D) ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui kebutuhan model supervisi akademik di sekolah dasar kabupaten Kudus; (2) untuk mengetahui desain model supervisi akademik berbasis TQM di sekolah dasar kabupaten Kudus; (3) untuk mengetahui tingkat efektivitas desain model supervisi akademik berbasis TQM di sekolah dasar kabupaten Kudus. Dalam pendekatan Research and Development (R&D), penelitian ini mengintegrasikan prinsip-prinsip supervisi akademik berbasis TQM. Metode penelitian ini melibatkan tahapan-tahapan pengembangan yang meliputi (1)Research and information;(2)Planning;(3) Develop Preliminary Form a Product ; (4)Preliminary Field Testing; (5)Main Product Revision; (6)Main Field Testing(7)Operational Product Revisien; (8)Operational Field Testing; (9)Final Product Revision; (10)Dissemination and Implementation. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner, pengujian, analisi dokumen dan pengumpulan data sekunder. Instrumen penelitian menggunakan lembar instrumen kelayakan model supervisi akademik berbasis TQM yang divalidasi ahli materi, praktisi pendidikan dan responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa; (1)kebutuhan model supervisi akademik di sekolah dasar kabupaten Kudus adalah membutuhkan model supervisi yang berbasis mutu. Hal ini mencakup mutu guru, mutu kepala sekolah dan supervisi yang menunjang kualitas peserta didik. Kepala sekolah membutuhkan model supervisi yang efektif dalam peningkatan mutu guru dan kepala sekolah yang dimbangi dengan kemudahan dalam pelaksanaannya; (2)Desain model supervisi akademik berbasis TQM memberikan arah yang jelas dalam rangka meningkatkan mutu guru. Dalam model inii kepala sekolah, pengawas, guru berkolaborasi bersama dalam meningkatkan kompetensinya. Model supervisi akademik model TQM memberikan ruang kepada siswa dalam memberikan umpan balik terhadap kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran; (3) Model upervisi akademik berbasis TQM di sekolah dasar kabupaten Kudus memiliki efektivitas yaitu: (a) kategori N-gain score kategori tinggi karena nilai rata-rata N-gain lebih besar darii 0,7 yaitu 0,8561 >0,7; (b) kategori tafsiran Efektivtas N-Gain Score kategori Efektif karena nilai rata-rata Ngain persen sebesar 85,6079 dimana 85,6079 >76; (c)Model supervisi akademik memiliki tingkat kemudahan dan manfaat yang baik dalam pelaksanaan supervisi akademik berbasis TQM. Kata kunci: supervisi akademik, TQM

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Su'ad, M. Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd
Kata Kunci: supervisi akademik, TQM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:15
Last Modified: 05 Mar 2024 01:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item View Item