Heriyanto, Moh (2023) Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar islam terpadu abu bakar ash shidiq kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (272kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (133kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Pengembangan karakter anak perlu diupayakan secara sungguh-sungguh dengan pola manajemen pendidikan karakter. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang baik merupakan langkah-langkah dalam manajemen pendidikan karakter yang efektif. Evaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter menjadi salah satu proses yang penting untuk mengetahui apakah hasil juga dapat diartikan sebagai proses merencanakan, memperoleh, dan memberikan informasi yang penting untuk membuat alternatif pengambilan keputusan. Pembentukan karakter yang dibangun dalam kegiatan sekolah merupakan salah satu program strategis yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan moral peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Abu Bakar Ash Shidiq Pati. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan karena pada hakekatnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dari karakter. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang mendalam dan komprehensif terhadap peneliti khususnya dan instansi-instansi yang akan dan sedang mengembangkan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) yaitu konteks, input, proses, dan produk sebagai alat evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. 10 karakter yang telah dipilih untuk diteliti tersebut diantaranya, religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, gemar membaca dan tanggung jawab. Hasil penelitian evaluasi dari masing-masing tahapan yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa program pendidikan karakter di SD IT Abu Bakar Ash Shidiq dapat dikategorikan sudah efektif, hanya saja terdapat kesenjangan pada masing-masing tahapan. Tahapan evaluasi menunjukkan bahwa program pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik dilaksanakan oleh warga sekolah, ditunjukkan dengan tahapan konteks (context) rerata ketercapaian 93,2% dalam kategori tinggi, tahapan masukan (input) 82,8% dalam kategori tinggi, pada tahapan proses (process) terdapat 83,6% dalam kategori tinggi, dan tahapan hasil (product) terdapat 81% dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Ahdi Riyono, M.Hum Dosen Pembimbing 2: Dr. Slamet Utomo, M.Pd |
Kata Kunci: | Evaluasi, Pendidikan karakter, SD Islam Terpadu |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20554 |
Actions (login required)
View Item |