Pengembangan modul projek indahnya keragaman budaya untuk meningkatkan profil pelajar pancasila

Asgustin, Tirza Luthfia Lailitsani (2023) Pengembangan modul projek indahnya keragaman budaya untuk meningkatkan profil pelajar pancasila. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan modul Projek Indahnya Keragaman, 2) Mendeskripsikan bentuk pengembangan modul Projek Indahnya Keragaman, 3) Menganalisis kelayakan pengembangan modul Projek Indahnya Keragaman, dan 4) Menganalisis efektivitas modul modul Projek Indahnya Keragaman meningkatkan Profil Pelajar Pancasila. Modul adalah materi pendidikan yang disusun secara sistematis dalam bahasa yang mudah dipahami siswa sehingga dapat dipelajari secara mandiri dengan bimbingan minimal dari guru. Profil pelajar pancasila merupakan komitmen penyelenggara pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia serta visi besar, cita-cita dan tujuan utama pendidikan Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researc and Development, dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data dala penelitian ini guru dan siswa. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji validasi ahli dan analisis data awal. Adapun analisis efektivitas meliputi analisis peningkatan profil pelajar pancasila dan analisi uji t sampel independent. Hasil penelitian meliputi siswa dan guru membutuhkan modul projek yang berjudul Indahnya Keragaman Budaya Kudus dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Modul Indahnya Keragaman Budaya Kudus layak digunakan dalam pelaksanaan P5 berdasarkan Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 89% rata-rata 3,7, ahli media persentase 94% dengan rata-rata 3,8, dan ahli praktisi dengan persentase 90% rata-rata 3,6 yang menyatakan modul yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam kegiatan P5. Hasil analisis n-gain menunjukkan adanya peningkatan sedang pada kelas eksperimen sebesar 0,31 lebih besar dari kelas kontrol 0,0. Hasil uji t Pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen sebelum pelaksanaan kegiatan P5 memperoleh nilai sig. 0,027. . hasil perhitungan setelah pelaksanaan P5 diketahui bahwa nilai sig. mecapai 0,000 dengan kesimpulan terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Modul Indahnya Keragaman Budaya Kudus dibutuhkan siswa dan guru serta layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu efektif dalam meningkatkan profil pelajar Pancasila terbukti dalam hasi uji t yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Serta hasil n-gain yang menyatakan dalam kategori peningkatan sedang pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh peningkatan rendah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Projek, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:32
Last Modified: 05 Mar 2024 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20555

Actions (login required)

View Item View Item