Asgustin, Tirza Luthfia Lailitsani (2023) Pengembangan modul projek indahnya keragaman budaya untuk meningkatkan profil pelajar pancasila. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan modul Projek Indahnya Keragaman, 2) Mendeskripsikan bentuk pengembangan modul Projek Indahnya Keragaman, 3) Menganalisis kelayakan pengembangan modul Projek Indahnya Keragaman, dan 4) Menganalisis efektivitas modul modul Projek Indahnya Keragaman meningkatkan Profil Pelajar Pancasila. Modul adalah materi pendidikan yang disusun secara sistematis dalam bahasa yang mudah dipahami siswa sehingga dapat dipelajari secara mandiri dengan bimbingan minimal dari guru. Profil pelajar pancasila merupakan komitmen penyelenggara pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia serta visi besar, cita-cita dan tujuan utama pendidikan Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researc and Development, dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data dala penelitian ini guru dan siswa. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji validasi ahli dan analisis data awal. Adapun analisis efektivitas meliputi analisis peningkatan profil pelajar pancasila dan analisi uji t sampel independent. Hasil penelitian meliputi siswa dan guru membutuhkan modul projek yang berjudul Indahnya Keragaman Budaya Kudus dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Modul Indahnya Keragaman Budaya Kudus layak digunakan dalam pelaksanaan P5 berdasarkan Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 89% rata-rata 3,7, ahli media persentase 94% dengan rata-rata 3,8, dan ahli praktisi dengan persentase 90% rata-rata 3,6 yang menyatakan modul yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam kegiatan P5. Hasil analisis n-gain menunjukkan adanya peningkatan sedang pada kelas eksperimen sebesar 0,31 lebih besar dari kelas kontrol 0,0. Hasil uji t Pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen sebelum pelaksanaan kegiatan P5 memperoleh nilai sig. 0,027. . hasil perhitungan setelah pelaksanaan P5 diketahui bahwa nilai sig. mecapai 0,000 dengan kesimpulan terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Modul Indahnya Keragaman Budaya Kudus dibutuhkan siswa dan guru serta layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu efektif dalam meningkatkan profil pelajar Pancasila terbukti dalam hasi uji t yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Serta hasil n-gain yang menyatakan dalam kategori peningkatan sedang pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh peningkatan rendah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd. |
Kata Kunci: | Modul, Projek, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:32 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20555 |
Actions (login required)
View Item |