NOFECA, YSTA (2023) Pengembangan media cerita bergambar “bolokuncoro” dalam pembelajaran interaktif pengenalan literasi budaya lokal untuk anak paud di kota surakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (926kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis kebutuhan media cerita bergambar ‘Bolokuncoro’ dalam pembelajaran interaktif pengenalan literasi budaya lokal untuk anak PAUD di Kota Surakarta, 2) Menganalisis desain media cerita bergambar ‘Bolokuncoro’ dalam pembelajaran interaktif pengenalan literasi budaya lokal untuk anak PAUD di Kota Surakarta, 3) Menganalisis keefektifan media cerita bergambar ‘Bolokuncoro’ dalam pembelajaran interaktif pengenalan literasi budaya lokal untuk anak PAUD di Kota Surakarta. Penelitian menggunakan jenis penelitian metode Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model Borg and Gall dengan menggunakan mix-method pada desain sequential exploratory. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu snalisis kebutuhan media pembelajaran cerita bergambar “Bolokuncoro” membutuhkan adanya media yang inetraktif dengan mengenalkan budaya local kepada siswa PAUD Surakarta. Desain media cerita bergambar “Bolokuncoro” memuat gambar yang dilengkapi dengan tokoh cerita dan teks cerita. Gambar yang dibuat secara manual kemudian dilayout menggunakan beberapa aplikasi. Hasil validasi akhir materi memperoleh rata-rata persentase 88%. Persentase termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan. Sedangkan hasil rata-rata persentasi validasi media adalah 86%. Persentase termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan. Pada saat uji lapangan dengan menggunakan angket respon guru. Skor perolehan akhir berdasarkan jumlah skor dibagi skor maksimum diperoleh rerata sebanyak 96% dengan kategori sangat layak. Sehingga media dapat digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan media cerita bergambar “Bolokuncoro” dilakukan dengan uji pretest dan posttest. Berdasarkan uji uji pretest dan posttest tersebut diketahui nilai sig.(2-tail) adalah 0,00<0,05, maka sebagai dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa kelas eksperimen yang menerapkan adanya pembelajaran dengan menggunakan media cerita bergambar “Bolokuncoro” dapat dikategorikan efektif. Berdasarkan penelitian ini disarankan bahwa guru bisa menginovasikan media yang digunakan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Pihak sekolah diharapkan mampu mendukung penggunaan media yang memuat kearifan lokal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Nur Fajrie, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Cerita Bergambar, Pembelajaran Interaktif, Literasi Budaya |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 02:17 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 02:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20558 |
Actions (login required)
View Item |