JIHANIFA, FIRDA AFITA (2023) Pengaruh model pbl berbasis steam berbantuan media monkabico terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas v sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (374kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan ketuntasan klasikan Se-gugus Ismoyo rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis perbedaan pengaruh antara model PBL berbasis STEAM berbantuan media MONKABICO dengan model PBL tanpa media terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model PBL berbasis STEAM berbantuan media MONKABICO dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model PBL tanpa media. Model PBL adalah model pembelajaran dengan proses menggunakan masalah. STEAM adalah pendekatan pembelajaran menggabungkan berbagai disiplin ilmu. Media MONKABICO adalah permainan monopoli matematika berbasis Card QR Code sebagai media merefleksikan pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan menggunakan keterampilan, untuk menalar masalah, menyusun alternatif menyelesaikan masalah. Penelitian kuantitatif Quasy Eksperimental desain Pretest-Postest Control Group Design dengan populasi penelitian kelas V SD Se-gugus Ismoyo Kecamatan Jati Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2022/2023 108 siswa. Sampel peneitiannya SDN 1 Loram Kulon 31 siswa dan SDN 1 Getas Pejaten 30 siswa dengan Nonprobability Sampling bentuknya Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis penelitian (uji regresi linier, N-Gain score dan uji-t). Hasil penelitian membuktikan (1) terdapat perbedaan pengaruh antara model PBL berbasis STEAM berbantuan media MONKABICO dengan model PBL tanpa media terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (kelas eksperimen thitung 14,884 > ttabel 2,040, dan kelas kontrol thitung 8,541 > ttabel 2,042, maka H0 ditolak), dan (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model PBL berbasis STEAM berbantuan media MONKABICO dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model PBL tanpa media (N-gain kelas eksperimen 0,53 kategori sedang dan N-gain kelas kontrol 0,38 kategori sedang. Serta uji-t nilai Sig 0,000 ≤ 0,05 dan thitung 10,671 ≥ ttabel 2,001, maka H0 ditolak). Penelitian ini sebaiknya guru dapat menerapkan model PBL berbasis STEAM berbantuan media MONKABICO karena terbukti berpengaruh. Selain itu, perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut lagi agar penerapannya dapat semakin relavan dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sumaji, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Lovika Ardana Riswari, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | PBL, STEAM, Pemecahan Masalah Matematis, Monopoli, Kode QR |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 19:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 19:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20560 |
Actions (login required)
View Item |