Error analysis on the use of prepositions in students’ writing of the tenth graders of smk n 2 kudus

ASTUTI, VIVI DWI (2023) Error analysis on the use of prepositions in students’ writing of the tenth graders of smk n 2 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kesalahan sebagai asumsi, ide, atau perilaku yang salah. Kesalahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran karena melalui kesalahan guru mengetahui pemahaman siswa terhadap proses belajar mengajar. Kesalahan siswa sering terjadi dalam penggunaan kata depan dalam menulis teks deskriptif. Preposisi adalah salah satu kategori pembelajaran siswa yang paling kompleks karena mereka menghubungkan dua kata menjadi sebuah kalimat. Preposisi terdiri dari tiga jenis, yaitu preposisi waktu, tempat, dan arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menklasifikasikan jenis-jenis kesalahan penggunaan kata depan dalam menulis teks deskripsi oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kudus. Peneliti menganalisis kesalahan menggunakan teori Dulay et, yaitu ommison, addition, misformation, dan misordering. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan dokumen sebagai pengumpulan data. Dokumen tersebut berupa teks deskripsi dengan topik yang berbeda-beda yang dibuat oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kudus tahun ajaran 2022/2023. Peneliti mengambil 5 siswa, setiap siswa membuat 3 teks deskriptive untuk menguatkan kesalahan yang terjadi dalam setiap siswa. Peneliti menemukan jenis-jenis kesalahan dan menerangkan sumber kesalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan procedure analisis kesalahan. Langkah pertama adalah mengumpulkan sampel dari siswa untuk memperoleh informasi yang diperoleh melalui tes menggunakan preposisi waktu tempat dan direction pada 5 siswa dengan jumlah 15 teks. Langkah kedua mengidentifikasi kesalahan. Langkah ketiga menjelaskan kesalahan yang berkaitan dengan bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Langkah selanjutnya adalah menjelaskan kesalahan dan menjelaskan penyebab kesalahan tersebut. Tahap terakhir adalah evaluasi kesalahan, di mana kesalahan yang dibuat oleh siswa dievaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak terdapat pada misinformasi dengan 19 kesalahan dan 86,4%. Pada omission error terdapat 1 error dan 4,5%. Kesalahan addition hanya 2 kesalahan dan 9,1%. Dan terakhir, tidak ada kesalahan yang dilakukan siswa dalam misordering.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Preposisi, Surface Strategy Taxonomy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 20:42
Last Modified: 05 Mar 2024 20:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item