The correlational study between english song listening habits and vocabulary mastery of the students of sman 2 kudus

VIANI, ARUM DITA RESTU (2023) The correlational study between english song listening habits and vocabulary mastery of the students of sman 2 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Hal paling mendasar yang perlu dikuasai dalam belajar bahasa Inggris adalah kosa kata. Tanpa kosa kata, tidak mungkin bisa berbicara, menulis, membaca, atau mendengarkan apa yang sedang diucapkan. Memiliki kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dapat membantu siswa dalam menambah kosa kata. Berdasarkan pengalaman peneliti saat mengamati siswa di SMAN 2 Kudus saat mengerjakan PLP 2, siswa begitu bersemangat saat peneliti memainkan lagu berbahasa Inggris. Beberapa siswa yang hafal lagu dan aktif menyanyi dapat menjawab soal lebih cepat dari siswa lainnya, namun tidak semua siswa. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Inggris dan penguasaan kosa kata siswa SMAN 2 Kudus. Sampel penelitian ini adalah 63 siswa kelas XI SMAN 2 Kudus yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain korelasional. Ada dua variabel dalam penelitian ini. Variabel bebasnya adalah kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris (X) dan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata (Y). Penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Inggris siswa dan tes kosa kata untuk mengetahui penguasaan kosa kata siswa. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus Pearson product-moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Pearson product-moment (r_xy) adalah 0,127 yang berarti tingkat korelasi ‘’sangat rendah’. Dan t_(hitung ) adalah 1,031 sedangkan t_(tabel ) dengan signifikansi 5% adalah 1,670. Jadi, Ha ditolak dan Ho diterima karena t_(hitung ) lebih rendah dari t_(tabel ) (1,031<1,670). Artinya korelasi antara kedua variabel tidak signifikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korlasi yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dengan penguasaan kosa kata siswa SMAN 2 Kudus. Korelasi yang sangat rendah terjadi karena masih banyak siswa yang tidak memiliki kebiasaan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Bisa juga karena lagu yang didengarkan siswa tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran. Oleh karena itu, siswa harus mendengarkan lagu bahasa Inggris yang berhubungan dengan materi pembelajaran mereka untuk meningkatkan penguasaan kosa kata mereka dan jika guru ingin menggunakan lagu dalam mengajarkan kosa kata, lagu tersebut harus berhubungan dengan materi pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing II : Agung Dwi Nur Cahyo, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Korelasi, Kebiasaan, Mendengarkan Lagu Inggris, Kosakata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 21:06
Last Modified: 05 Mar 2024 21:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20566

Actions (login required)

View Item View Item