Analisis konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa kelas iv ditinjau dari kebiasaan sarapan pagi pada mata pelajaran ips dan ppkn

Firdaus, Muhammad Naufal (2023) Analisis konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa kelas iv ditinjau dari kebiasaan sarapan pagi pada mata pelajaran ips dan ppkn. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang didapat dalam hasil wawancara dan observasi awal penelitian di SDN Demangan Kudus, penilitian dapat diketahui masih banyaknya siswa yang kurang konsentrasi dalam menghadapi pelajaran yang disebabkan banyaknya siswa yang tidak sarapan pagi saat berangkat sekolah. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui konsentrasi belajar siswa, 2) hasil belajar siswa kelas 4 (empat) SDN Demangan Kudus ditinjau dari sarapan pagi. Konsentrasi belajar merupakan sebuah perilaku pemusatan pikiran, perhatian dan kesadaran yang dilakukan siswa untuk mempelajari dan memahami isi materi. Hasil belajar termasuk kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan. Kebiasaan sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kadar gula darah, Dengan kadar gula darah yang normal, gairah dan konsentrasi bisa lebih baik sehingga berdampak positif untuk meningkatkan kinerja otak Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif, yang mengambil 5 (lima) orang responden, yang terdiri dari tiga orang laki-laki dan dua orang perempuan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi berpengaruh terhadap konsentrasi dan prestasi akademik: siswa yang tidak terbiasa sarapan ternyata memiliki konsentrasi yang hampir sama dengan siswa yang tidak terbiasa sarapan. Hal ini dapat dibuktikan melalui Hasil Observasi dan wawancara pada setiap variabel. Pola serupa juga diamati pada siswa yang rutin sarapan pagi. Siswa yang terbiasa sarapan pagi sebenarnya memiliki kemampuan konsentrasi yang normal, namun dalam proses aktivitas siswanya normal atau cenderung pasif. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor sarapan pagi yang signifikan antara konsentrasi belajar dan hasil belajar dengan hasil belajar siswa, dan kategori sedang. Saran bagi sekolah terutama guru diharapkan selalu memperhatikan dan mengingatkan siswa untuk sarapan pagi sehingga aktivitas belajar siswa juga meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Wawan Shokib Rondli S,M.Pd Dosen Pembimbing 2: Diana Ermawati, M.Pd.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, dan Kebiasaan Sarapan Pagi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 21:29
Last Modified: 05 Mar 2024 21:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item View Item