Strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk peningkatan disiplin kerja guru di sd negeri gembong 05 kecamatan gembong, kabupaten pati

PRIYANTO, NUR (2023) Strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk peningkatan disiplin kerja guru di sd negeri gembong 05 kecamatan gembong, kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of lampirab] Text (lampirab)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Gembong 05, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah untuk peningkatan disiplin kerja guru di SD Negeri Gembong 05, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, dan 3) mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk peningkatan disiplin kerja guru di SD Negeri Gembong 05, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) gaya kepemimpinan kepala di SD Negeri Gembong 05, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati adalah gaya kepemimpinan demokratis dan partisipatif, 2) Faktor pendukung yang dihadapi kepala SD Negeri Gembong 05 dalam meningkatkan disiplin kinerja guru adalah faktor internal kepala sekolah dengan pola kepemimpinan yang dijalankan, kemampuan komunikasi dan kerjasama yang dibangun kepala sekolah, serta keteladanan kepala sekolah yang mampu mempengaruhi kesadaran bersama untuk meningkatkan disiplin kerja guru. Sedangkan hambatan yang dihadapi kepala SD Negeri Gembong 05 dalam meningkatkan disiplin kerja guru adalah terdapat guru yang tidak disiplin waktu dan guru yang lemah dalam bidang teknologi, dan 3) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SD Negeri Gembong 05 adalah dengan penerapan kebijakan disiplin waktu dalam bekerja, penerapan sikap budaya malu, motivasi kepala sekolah menjadi pemicu guru meningkatkan kinerja, teladan kepala sekolah menjadi pemicu guru meningkatkan kinerja, pengawasan dan supervisi kepada guru secara rutin, evaluasi terhadap disiplin kerja guru dan pemberian penghargaan kepada guru yang meningkat kinerja dan prestasinya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pola kepemimpinan dan strategi yang dilakukan kepala sekolah di SD Negeri Gembong 05, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati dapat mengefektifkan dan meningkatkan kinerja guru. Dari penelitian ini disarankan, bahwa : 1) guru di tuntut untuk kerja secara profesional, 2) perlu standarisasi kepala sekolah dalam memberikan hukuman disiplin kerja kepada guru, dan 3) peningkatan disiplin kerja guru perlu adanya pengawasan dari masyarakat dari unsur komite atau orang tua siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditya Ismaya, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Kepala sekolah, Kinerja guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 21:37
Last Modified: 05 Mar 2024 21:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20568

Actions (login required)

View Item View Item