Pengembangan video interaktif keberagaman budaya berbasis kearifan lokal menara kudus mata pelajaran ppkn pada peserta didik Kelas iv sekolah dasar

CHOIRIYAH, FATHMIL MARYAMATUL (2023) Pengembangan video interaktif keberagaman budaya berbasis kearifan lokal menara kudus mata pelajaran ppkn pada peserta didik Kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang dicapai yaitu: Mengembangkan media pembelajaran virabu, Megembangkan desain media, Mengetahui kelayakan media virabu, Menguji keefektifan media virabu. Dalam penelitian ini dikembangkan media Video Interaktif Keberagaman Budaya Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran PKn Menara Kudus untuk Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall. Tahapan-tahapan dari penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2)perencanaan penelitian, (3)pengembangan desain produk, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan secara luas, (7)revisi hasil uji lapangan secara luas, (8) uji kelayakan, (9)revisi final hasil uji kelayakan, (10) desiminasi dan implementasi produk akhir. Subjek penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling kemudian diambil dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Kelas yang diambil termasuk kedalam tingkat yang sama berdasarkan akreditasi sekolah dan KKM mata pelajaran. Peneliti mengambil kelas IV di SDN 1 Jepang dan SDN 3 Kesmabi. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes, dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media Video Interaktif, menganalisis hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dan guru membutuhkan media Hasil dari uji keevektifan yang telah dilakukan dengan melalukan perhitungan uji T. Hasil uji T menunjukkan bahwa pretes tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan. sehingga didapatkan hasil postes yang kurang 0,05 yakni nilai sig mencapai 0,000. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol, Sehingga media yang dikembangkan dinyatakan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. setelah media dikembangkan hasil akhir yang diperoleh bahwa media virabu dapat digunakan pada pembelajara dan memiliki kategori sangat baik. Sarannya adalah sebagai pendidik, guru diharapkan mampu berinovasi dan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat digunakan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung sehingga pengetahuan siswa lebih luas tentang kearifan lokal dan media Virabu berbasis kearifan lokal suci dapat digunakan sebagai perantara alternatif bahan pembelajaran sehingga siswa mengenal kearifan lokal yang terdapat di masing-masing daerah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Slamet Utomo, M. Pd.,
Kata Kunci: Video Interaktif, PPKn, Kearifan Lokal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 22:09
Last Modified: 05 Mar 2024 22:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20570

Actions (login required)

View Item View Item