Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri se-kecamatan undaan kabupaten kudus

SURYAWATI, SURYAWATI (2023) Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri se-kecamatan undaan kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus (2) menganalisis besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus;. (3) menganalisis besarnya pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Populasi adalah semua guru dan kepala sekolah dasar di 33 SD di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Sampel penelitian adalah 80 guru dan kepala sekolah dasar di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Dengan tehnik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari uji instrument, uji prasayarat analisi dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis (normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas) uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda (uji f dan uji t, uji determinasi, uji korelasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus sebesar 20.3%. (2) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus sebesar 73%, (3) pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus sebesar 72,7%. Nilai korelasi supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,856 Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Saran hendaknya kepala sekolah mampu berperan sebagai pemimpin dan supervisor yang baik dengan meningkatkan Kerjasama, koordinasi dan kompetensinya sehingga mampu meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Su'ad, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd
Kata Kunci: supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 22:19
Last Modified: 05 Mar 2024 22:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item