Pengembangan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini di tk rembang

MUSTAGHFIROH, ANA (2023) Pengembangan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini di tk rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kebutuhan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini, 2) merumuskan desain pengembangan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini, 3) menganalisis kelayakan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini, dan 4) menganalisis efektivitas model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Peneliti menggunakan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf model, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Meliputi analisis model pembelajaran edupreneurship, observasi pembelajaran, dan validasi produk model pembelajaran edupreneurship. Hasil penelitian dari pengembangan model pembelajaran edupreneurship berbasis permainan pasaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini di gugus PAUD Raden Dewi Sartika Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang dinyatakan layak digunakan berdasarkan uji validasi materi yang mendapat skor 88,89% ada pada kategori sangat layak tanpa ada revisi. Validasi model pembelajaran mendapat skor 98,15% dan model pembelajaran dapat digunakan dengan tanpa revisi. Validasi ahli bahasa mendapat skor skor 90,77% termasuk kategori sangat layak sehingga dapat digunakan dan tanpa ada revisi. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Permainan Pasaran dinyatakan layak dan efektif dalam menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia dini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, M.P Dosen Pembimbing 2: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: edupreneurship, pasaran, jiwa kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 23:52
Last Modified: 05 Mar 2024 23:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20574

Actions (login required)

View Item View Item