TASYARROF, AFLAKHUL MAULANA (2023) Error analysis of grammar in the students’ writing descriptive text At the tenth grade mplb of smkn 1 kudus In the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (836kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (259kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan tata bahasa ketika membuat teks deskriptif. banyak siswa yang mengatakan bahwa mereka kesulitan memahami tata bahasa, sehingga pengetahuan tata bahasa mereka kurang. Selain itu, siswa mempunyai kosakata yang terbatas. Mereka tidak dapat memilih kata-kata yang cocok untuk membuat kalimat yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan tata Bahasa dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan tata Bahasa dalam teks deskriptif siswa di kelas X MPLB SMK N 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan teori Betty untuk mencari jenis kesalahan tata bahasa yang dilakukan siswa dalam menulis teks deskriptif. Selain itu, juga menggunakan teori dari Norrish untuk menemukan faktor penyebab kesalahan tata bahasa siswa dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Data tersebut berasal dari kesalahan tata bahasa yang ditemukan dalam penulisan teks deskriptif yang dibuat oleh siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 15 teks deskriptif siswa kelas X MPLB SMK N 1 Kudus. Peneliti menggunakan dokumentasi dan wawancara sebagai instrumen penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan 12 jenis kesalahan yang terdiri dari 6 kesalahan dalam bentuk tunggal dan jamak, 18 kesalahan dalam pilihan kata, 4 kesalahan dalam penggunaan kata kerja, 13 kesalahan dalam menambahkan kata, 4 kesalahan dalam menghilangkan kata, 1 kesalahan dalam susunan kata , 3 kalimat tidak lengkap, 13 kesalahan ejaan, 8 kesalahan tanda baca, 21 kesalahan penggunaan huruf kapital, 1 kesalahan artikel, dan 1 kesalahan makna tidak jelas. Penelitian ini menemukan 3 faktor penyebab kesalahan tata bahasa dalam penulisan teks deskriptif yang terdiri dari kecerobohan, interferensi bahasa pertama, dan terjemahan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam mengatasi kesalahan tata bahasa dalam menulis teks deskriptif. Selain itu dapat dijadikan referensi oleh guru dalam rangka mengembangkan keterampilan mengajarnya
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Muh Syafei, M.Pd |
Kata Kunci: | Analisis kesalahan, tata bahasa, teks deskriptif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 01:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 01:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20577 |
Actions (login required)
View Item |