Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media smatris (smart & kritis) apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa

RAHMAWATI, SILVIANA INDAH (2023) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media smatris (smart & kritis) apps terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang terlihat dari hasil tes studi pendahulian yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Donorojo dengan presentase pada indikator Interpretasi 45%, Analisis 39%, Evaluasi 39%, Inferesnsi 39%. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji apakah perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan Smatris (smart & kritis) Apps dengan kelas yang diajarkan dengan model langsung, (2) bagaimana pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan media Smatris (smart & kritis) Apps terhadap kriteria ketuntasan minimum (KKM), (3) apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan Smatri (smart & kritis) Apps. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan desaign penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling dimana sisswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Donorojo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Donorojo sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan, meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesurkaran rata-rata. Serta analisis data akhir meliputi uji coba normalitas, uji coba homogenitas, uji coba t dua sampel indenpenden, uji coba t satu sampel, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan model discovery learning berbantuan media smatris apps lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan media smatris apps dapat mencapai nilai ketuntasan minimum (KKM), (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan media smatris apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning berbantuan media smatris apps terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Simetris Apps.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:19
Last Modified: 06 Mar 2024 18:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20580

Actions (login required)

View Item View Item