Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan aplikasi bangsitar terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan self concept

KUSUMAWATI, ANANDA FEBRIANTI PUTRI (2023) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan aplikasi bangsitar terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan self concept. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa kelas VIII B masih dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VIII B di SMP N 2 Kudus yang memperoleh rata-rata 36,40. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji rata-rata siswa dari kelas yang diberikan perlakuan lebih baik dari kelas yang diajarkan dengan metode ceramah menguji rata-rata siswa dari kelas yang diberikan perlakuan mencapai KKM, menguji proporsi siswa yang tuntas KKM setelah diberikan perlakuan, mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan aplikasi bangsitar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi experimental dengan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah 265 siswa kelas VIII dan pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah angket self concept dan tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat antara lain uji normalitas dan uji homogenitas, analisis data awal antara lain uji kesamaan rata-rata, dan analisis data akhir antara lain uji independent sample t-test, uji one sample t-test, uji proporsi, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 72, (3) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika pada kelas eksperimen lebih dari 75%, (4) self concept berpengaruh secara positif sebesar 88,5% terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan aplikasi bangsitar kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Aplikasi Bangsitar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Concept
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:27
Last Modified: 06 Mar 2024 18:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item