Students’ experience on e-learning of english learning during covid-19 pandemic (a case study at the eleventh grade students of sma n 1 pecangaan)

ADHIA CAHYANI, TASYA (2023) Students’ experience on e-learning of english learning during covid-19 pandemic (a case study at the eleventh grade students of sma n 1 pecangaan). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Situasi Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Pemerintah Indonesia telah membuat kebijakan untuk menghadapi situasi ini dengan mengubah proses belajar mengajar dari tatap muka menjadi pembelajaran daring. Kebijakan ini juga berdampak pada guru dan siswa yang harus mengadaptasi platform pembelajaran online untuk melanjutkan proses pembelajaran. Berdasarkan pemaparan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman siswa dan permasalahan siswa pada pembelajaran E-learning Bahasa Inggris pada masa pandemi Covid-19 di SMA 1 Pecangaan tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metodenya adalah untuk mendeskripsikan pengalaman siswa dan masalah siswa tentang E-learning pembelajaran bahasa Inggris selama pandemi Covid-19. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner untuk mengetahui pengalaman siswa tentang E-learning pembelajaran bahasa Inggris selama pandemi Covid-19 dan wawancara untuk mengetahui masalah siswa tentang E-learning pembelajaran bahasa Inggris selama pandemi Covid-19. Kemudian peneliti menganalisis kuesioner dengan menghitung persentase kemudian menginterpretasikan hasilnya. Selanjutnya, peneliti menganalisis hasil wawancara dengan mengkategorikan dan menyorot data-data penting. Terakhir, data menginterpretasikan data menjadi hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengalaman yang baik dalam pembelajaran E-learning bahasa Inggris selama pandemi Covid-19. Para siswa mengalami e-learning pembelajaran bahasa Inggris selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan aplikasi Google Meet dan Google Classroom yang mudah digunakan, menghemat tenaga, waktu dan biaya, kapan saja dan di mana saja serta dapat mengatur waktu belajar mereka secara efektif selama pembelajaran online. Meskipun siswa juga mengalami beberapa kendala selama pembelajaran online seperti fasilitas yang tidak mendukung mereka memiliki E-learning dll. Di akhir penelitian ini, peneliti menyarankan agar siswa mengidentifikasi masalah mereka dan menerapkan strategi sesuai dengan kesulitan yang mereka hadapi. Bagi guru mungkin mempertimbangkan solusi dari masalah yang ditemukan peneliti untuk membantu siswa dalam pembelajaran E-learning bahasa Inggris selama pandemi Covid-19. Sehingga E-learning pembelajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19 akan lebih menyenangkan dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sri Surachmi W, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Agung Dwi Nurcahyo,S.S, M.Pd.
Kata Kunci: : pengalaman siswa, E-learning, pembelajaran Bahasa Inggris, pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 21:18
Last Modified: 06 Mar 2024 21:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20586

Actions (login required)

View Item View Item