Speaking anxiety level of the fourth and sixth semester students of english education department at universitas muria kudus

KHOLIFATUL AISAH, MAYA (2023) Speaking anxiety level of the fourth and sixth semester students of english education department at universitas muria kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Berbicara merupakan salah satu komponen dalam berkomunikasi yang penting untuk dikuasai dalam bahasa asing. Karena bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari di era saat ini, orang-orang berusaha untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris. Kebutuhan akan komunikasi mengharuskan siswa untuk menguasai kemampuan berbicara. Sebagaimana kemampuan berbicara bahasa Inggris sangatlah penting, hal ini juga mempengaruhi tingkat kecemasan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara mahasiswa semester empat dan enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus dan apakah ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan berbicara antara mahasiswa semester empat dan enam. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muria Kudus khususnya pada mahasiswa semester empat dan enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. B Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 70 mahasiswa semester empat dan enam Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Kuesioner berisi 24 pertanyaan dengan beberapa kategori yang diadopsi dari Sugiyati & Indriani (2021) dan Pabro-Maquidato (2021) dengan beberapa modifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Tingkat kecemasan sedang merupakan yang tertinggi di antara mahasiswa semester empat dan enam, yaitu sebesar 89% dengan frekuensi 62 mahasiswa dan tingkat kecemasan sedang mahasiswa semester empat lebih tinggi dibandingkan semester enam dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa didorong untuk lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai situasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, karena hal ini dapat mengurangi kecemasan mereka dalam berbicara. Untuk para guru dan dosen juga harus berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menggunakan metode pengajaran yang bervariasi untuk membantu mengurangi kecemasan siswa dan meningkatkan kinerja siswa dalam kelas berbicara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Mr. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Mrs. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Berbicara, Kecemasan, Tingkat Kecemasan Berbicara Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 21:42
Last Modified: 06 Mar 2024 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20587

Actions (login required)

View Item View Item