KHOLIFATUL AISAH, MAYA (2023) Speaking anxiety level of the fourth and sixth semester students of english education department at universitas muria kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (105kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Berbicara merupakan salah satu komponen dalam berkomunikasi yang penting untuk dikuasai dalam bahasa asing. Karena bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari di era saat ini, orang-orang berusaha untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris. Kebutuhan akan komunikasi mengharuskan siswa untuk menguasai kemampuan berbicara. Sebagaimana kemampuan berbicara bahasa Inggris sangatlah penting, hal ini juga mempengaruhi tingkat kecemasan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara mahasiswa semester empat dan enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus dan apakah ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan berbicara antara mahasiswa semester empat dan enam. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muria Kudus khususnya pada mahasiswa semester empat dan enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. B Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 70 mahasiswa semester empat dan enam Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Kuesioner berisi 24 pertanyaan dengan beberapa kategori yang diadopsi dari Sugiyati & Indriani (2021) dan Pabro-Maquidato (2021) dengan beberapa modifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Tingkat kecemasan sedang merupakan yang tertinggi di antara mahasiswa semester empat dan enam, yaitu sebesar 89% dengan frekuensi 62 mahasiswa dan tingkat kecemasan sedang mahasiswa semester empat lebih tinggi dibandingkan semester enam dengan persentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa didorong untuk lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai situasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, karena hal ini dapat mengurangi kecemasan mereka dalam berbicara. Untuk para guru dan dosen juga harus berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menggunakan metode pengajaran yang bervariasi untuk membantu mengurangi kecemasan siswa dan meningkatkan kinerja siswa dalam kelas berbicara.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Mr. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Mrs. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Berbicara, Kecemasan, Tingkat Kecemasan Berbicara Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 21:42 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 21:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20587 |
Actions (login required)
View Item |