Sofiyah, Sofiyah (2023) Pengembangan model pembelajaran saintifik bermuatan kearifan lokal batik kendal Pada anak tk b di pkg markisa kendal. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (720kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (751kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Pelaksanaan model pembelajaran tradisional terbukti belum optimal dalam hal transfer ilmu pengetahuan yang mampu diserap oleh anak pada lima belas menit awal pembelajaran, dibandingkan penyerapan pemahaman terhadap kontekstual yang mengaitkan dengan dunia nyata. Hal ini tidak mendukung bagi anak untuk bisa berpikir kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, serta mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran. Oleh karena itu perlunya model pengembangan pembelajaran yang tepat untuk perkembangan anak. Penelitian ini adalah research and development yang dirancang untuk mencari temuan produk model yang tepat untuk dapat digunakan secara praktis dalam bidang pendidikan. Metode penelitian terdiri atas empat tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji N-Gain. Teknik keabsahan data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif dengan menggunakan triangulasi konkuren dalam waktu yang bersamaan. Kedua data selanjutnya dibandingkan untuk mengetahui apakah terdapat konvergensi, perbedaan atau kombinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran saintifik layak digunakan dalam pembelajaran di TK B di PKG Markisa Kendal. Hal ini berdasarkan hasil validasi ahli yang terdiri dari validator ahli model pembelajaran yang menyatakan bahwa model pembelajaran dapat digunakan dengan tanpa revisi. Sedangkan validator ahli bahasa dan materi menyatakan bahwa produk yang dikembangkan penelitilayak digunakan tanpa revisi. Model pembelajaran saintifik efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK B di PKG Markisa Kendal. Hal ini berdasarkan hasil uji coba produk bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model sentra lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Beberapa saran penelitian yaitu: 1) agar guru dapat menggunakan model pembelajaran saintifik, karena terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, 2) Kepada pengelola lembaga agar mengfasilitasi terjadinya pembelajaran saintifik, 3) peneliti berikutnya agar dapat menyempurnakan penelitian ini dengan mengembangkan model pembelajaran saintifik dan kombinasi budaya lokal batik sehingga perlu dikembangkan dengan budaya lokal yang lain pada daerah daerah yang lain di luar kabupaten Kendal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | budaya lokal , perkembangan anak, model |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 23:28 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 23:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20599 |
Actions (login required)
View Item |