Nilai-nilai sikap ilmiah kerja sama dalam film anime dr. stone: ryusui untuk penguatan pendidikan karakter anak

NU'MAN, MUHAMMAD ALFIN (2023) Nilai-nilai sikap ilmiah kerja sama dalam film anime dr. stone: ryusui untuk penguatan pendidikan karakter anak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan bukan hanya tentang pendidikan umum belaka, melainkan juga Pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangat penting bagi anak di tingkat dasar. Salah satunya adalah sikap ilmiah. Pembentukan sikap ilmiah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara memanfaatkan film sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai sikap ilmiah kerja sama dalam film anime “Dr. Stone: Ryusui” dapat digunakan untuk penguatan pendidikan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sikap ilmiah kerja sama yang terkandung dalam film anime “Dr. Stone: Ryusui” untuk penguatan pendidikan karakter anak. Sikap ilmiah merupakan suatu pandangan seseorang terhadap cara berpikir yang sesuai dengan metode keilmuan, sehingga menimbulkan kecenderungan untuk menerima ataupun menolak cara berpikir yang sesuai dengan keilmuan tersebut. Pendidikan karakter merupakan upaya mendidik anak agar memiliki pemahaman yang baik sehingga mampu berkelakuan baik sesuai dengan norma yang berlaku. Film anime merupakan film yang berbahan mentah gambar tangan lalu diolah menjadi gambar bergerak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pemelitian isi (content analysis). Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primernya yaitu film anime “Dr. Stone: Ryusui” buatan Riichiro Inagaki. Sumber data sekundernya yaitu buku-buku, jurnal, artikel, majalah, dan website. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat sikap ilmiah kerja sama dalam film anime “Dr. Stone: Ryusui” yaitu: 1) Bersedia menerima tanggung jawab. 2) Ringan tangan membantu teman. 3) Menghargai pendapat teman. 4) Saling berkontribusi baik tenaga maupun pikiran. Nilai-nilai sikap kerja sama pada film anime “Dr. Stone: Ryusui” dapat digunakan untuk penguatan pendidikan karakter anak, khusunya pada nilai karakter gotong royong dan nilai karakter integritas. Film anime “Dr. Stone: Ryusui” dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter anak. Berdasarkan hasil penelitian, Guru maupun orang tua hendaknya dapat memberikan tayangan film yang mengandung nilai edukatif kepada anak dan memanfaatkan film sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai pendidikan karakter pada anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Gunawan Setiadi, S.IP, M.Pd.
Kata Kunci: Sikap Ilmiah, Kerja Sama, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2024 23:27
Last Modified: 06 Mar 2024 23:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20600

Actions (login required)

View Item View Item