Nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi nyadran di desa dowan

ADAWIYAH, ROBIATUL ALFINA (2023) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi nyadran di desa dowan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan masyarakat Desa Dowan masih melaksanakan Tradisi Nyadran, tujuan kedua untuk menjelaskan proses pelaksanaan Tradisi Nyadran yang diselenggarakan di Desa Dowan, serta untuk menemukan nilai-nilai karakter apa saja yang terkandung untuk penguatan pendidikan karakter dalam Tradisi Nyadran. Nilai karakter ini terbentuk melalui nilai-nilai budaya yang secara turun-temurun diwariskan melalui tradisi. Tradisi Nyadran dengan nilai-nilai karakternya membawa pengaruh besar terhadap masyarakat di Desa Dowan. Oleh karena itu, Tradisi Nyadran perlu dilestarikan sedini mugkin terutama untuk generasi penerus. Selain itu, diperlukan analisis khusus secara mendalam mengenai nilai karakter yang terdapat dalam Tradisi Nyadran terutama dalam pendidikan yang sangat penting sebagai sumber pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang ada di Desa Dowan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang akan dilaksanakan di Desa Dowan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Objek yang akan diteliti adalah Tradisi Nyadran dengan teknik pengumpulan data Triangulasi sumber dan teknik berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data penelitian kualitatif yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan Tradisi Nyadran masih dilakukan hingga saat ini karena dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya dan alam yaitu sebuah tradisi yang dapat mewujudkan kerukunan, kebersamaan, dan didalamnya mengandung nilai-nilai yang bermakna untuk kehidupan sehari-hari, sehingga Tradisi Nyadran tetap eksis. Tradisi Nyadran dilaksanakan pada hari Jum’at Wage/Legi, prosesinya dimulai dari masyarakat menyiapkan tumpeng, kerja bakti di sekitar telaga. Lalu memberi makan ikan-ikan dilanjutkan dengan Sambutan. Acara intinya yaitu do’a bersama yang terakhir Masyarakat makan bersama dan saling berbagi Tumpeng. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tradisi Nyadran antara lain nilai religius, nilai toleransi, nilai cinta tanah air, nilai peduli lingkungan, dan nilai peduli sosial. Bagi masyarakat Desa Dowan tradisi Nyadran hendaknya tetap dilaksanakan agar tetap lestari, karena tradisi ini memiliki arti penting dan dampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat serta nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dapat diterapkan sehingga berpengaruh baik untuk kehidupan sosial masyarakat Desa Dowan dan sekitarnya secara luas. Maka perlu adanya pengenalan dan penerapan di pendidikan formal lingkup desa khususnya Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing II : Moh. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter;Tradisi; Nyadran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 00:04
Last Modified: 07 Mar 2024 00:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20602

Actions (login required)

View Item View Item