Pengaruh model group investigation berbantuan media pembelajaran puzzle kupu-kupu terhadap pemahaman konsep siswa kelas v sdn 2 wonosemi

NISA’, AGUSTIN KHOIRUN (2023) Pengaruh model group investigation berbantuan media pembelajaran puzzle kupu-kupu terhadap pemahaman konsep siswa kelas v sdn 2 wonosemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model group investigation berbantuan media puzzle kupu-kupu terhadap pemahaman konsep materi proses metamorfosis sempurna siswa kelas V SDN 2 Wonosemi. Group investigation merupakan model pembelajaran yang menggunakan paham konstruktivisme dan kooperatif menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif melalui enam tahap diantaranya pengelompokkan, perencanaan, penyelidikan, pengorganisasian, presentasi dan evaluasi. Puzzle kupu-kupu adalah permainan bongkar pasang yang berisi potongan gambar proses daur hidup kupu-kupu. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam menerima, menyerap dan memahami ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model group investigation berbantuan media pembelajaran puzzle kupu-kupu terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN 2 Wonosemi. Penelitian kuantitatif eksperimen dilaksanakan di kelas V SDN 2 Wonosemi dengan subjek penelitian adalah 12 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini berlangsung selama tiga pertemuan. Variabel bebas adalah model group investigation dan media pembelajaran puzzle kupu-kupu. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, test-t dan n-gain. Melalui hasil pemahaman konsep materi proses metamorfosis sempurna siswa skor pretest mempunyai rata-rata nilai 59,17 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 25. Sedangkan skor posttest memiliki nilai rata-rata 82,92 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan yang menunjukkan adanya penigkatan antara skor pretest dan posttest yang memiliki rata-rata normalitas gain sebesar 0,5843 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation dengan media puzzle kupu-kupu berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi metamorfosis sempurna siswa kelas V SDN 2 Wonosemi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Group Investigation, Media Puzzle Kupu-Kupu, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 00:20
Last Modified: 07 Mar 2024 00:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20605

Actions (login required)

View Item View Item