Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantu media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas v sdn 1 dorang

LESTARI, PUJI (2023) Penerapan model teams games tournament (tgt) berbantu media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 9 kelas v sdn 1 dorang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada proses pembelajaran yang ditemukan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Dorang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) pada Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita kelas V SDN 1 Dorang. Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang mendorong semua untuk berpartisipasi aktif melaksanakan pembelajaran dimana para kelompok akan melaksanakan pertandingan dengan anggota kelompok lain dan mengandung unsur permainan. Media Crossword Puzzle adalah media berbasis permainan yang bertujuan untuk mengingatkan kembali materi yang telah disampaikan guru dengan mengisi jawaban dengan benar agar sesuai dengan kotak yang tersedia dalam crossword puzzle. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran dan dievaluasi melalui tes pada ranah kognitif, afektif dan prsikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Dorang dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus yang menggunakan desain Kemis dan Mc. Taggart sumber dari Arikunto dengan melalui empat tahapan di setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, dan variabel bebas penelitian ini yaitu model Teams Games Tournament (TGT) dan media Crossword Puzzle. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang digunakan antara lain teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS dan PPKn melalui model Teams Games Tournament (TGT) berbantu media crossword puzzle mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 78,12% (cukup), siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,22% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 77,58% (cukup), siklus II meningkat menjadi, 89,73% (sangat baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif prasiklus mendapatkan 29% (perlu bimbingan), mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh persentase 64% (cukup), siklus II meningkat menjadi 93% (sangat baik). Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 72,85% (cukup), siklus II meningkat memperoleh 86,60 % (baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentase 76,64% (cukup) siklus II meningkat menjadi 87,14% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Dorang dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantu media crossword puzzle dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan PPKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd., Dosen Pembimbing II : Imaniar Pubasari, S.Pd, M.Pd.,
Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 00:30
Last Modified: 07 Mar 2024 00:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20606

Actions (login required)

View Item View Item