Saputro, Muhammad Boy (2023) Pengaruh model role playing berbantuan media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep muatan ipa siswa kelas v sdn 1 klumpit. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (568kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (284kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (339kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstrak
Kecenderungan pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru dengan bercerita atau berceramah. Hal tersebut membuat siswa menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, yang mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 1 Klumpit bahwa tingkat pemahaman konsep siswa masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk menentukan perbedaan nilai pretest dengan posstest dan menentukan berapa besar peningkatan pemahaman konsep IPA dalam penggunaan model pembelajaran Role Playing berbantuan media kartu bergambar. Model role playing adalah model yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih yang memerankan sesuai dengan perannya untuk membahas suatu topik atau situasi.suatu topik atau situasi. Kartu bergambar adalah sebuah media visual yang berbentuk kartu berisi gambar bertujuan membantu siswa dalam mengingat materi dan mengembangkan kreativitas. Metode penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperiment tipe one group pretest-posttest. penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Klumpit dengan sampel penelitian 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini adalah tes, yang meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan rata-rata nilai pretest 50,3 dan rata-rata nilai posttest 80,3. Hasil dari pengujian paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Hasil dari pengujian dari uji n-gain mendapatkan nilai 0,58 dengan kriteria peningkatan sedang. Peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 26,8 Penelitian membuktikan bahwa dalam penerapan model role playing berbantuan kartu bergambar terdapat perbedaan rata-rata dan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 1 Klumpit. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model role playing berbantuan kartu bergambar menjadi pembelajaran yang variatif. Dengan pembelarajan ini diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Role Playing, Media Kartu Bergambar, Pemahaman Konsep IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 19:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 19:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20613 |
Actions (login required)
View Item |