Analisis kreativitas menggambar flora melalui metode ekspresi bebas siswa Kelas vi sd 5 gondangmanis kabupaten kudus

DESWANTY, ANGGI (2023) Analisis kreativitas menggambar flora melalui metode ekspresi bebas siswa Kelas vi sd 5 gondangmanis kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Banyak guru yang hanya memberi suatu contoh menggambar dengan diberikan di papan tulis tanpa arahan yang baik dan metode yang kurang tepat maka hal ini menyebabkan para siswa tidak memiliki peningkatakan akan imajinasinya dan membuat hasil gambar mereka menjadi sama persis dengan apa yang dicontohkan. Hal ini dibuktikan dengan realita yang ada di kelas VI SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kreativitas menggambar flora dan makna dari menggambar flora melalui metode ekspresi bebeas siswa kelas VI SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Kreativitas berhubungan dengan kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan sesuatu bentuk baru dan untuk menghasilkan sesuatu melalui ketrampilan imajinatif. Menggambar flora bisa membuat seseorang memahami terkait keindahan, keunikan dan keanekaragaman flora yang berada di lingkungan sekitar. Metode ekspresi bebas merupakan suatu metode yang memberikan keleluasaan seseorang untuk berekspresi secara suka hati dalam menjelajah imajinasinya tanpa memperdulikan batasan sehingga menghasilkan karya seni menggambar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kreativitas siswa kelas VI SD N 5 Gondangmanis berada pada kategori pada kategori "Cukup," menandakan adanya area yang perlu diperbaiki dalam mengembangkan kreativitas mereka. Hasil analisis ini menunjukkan adanya variasi dalam kemampuan siswa dalam menghasilkan karya seni visual, yang dapat diartikan sebagai peluang untuk memberikan dukungan tambahan dan pelatihan bagi siswa-siswa tersebut guna meningkatkan keterampilan mereka. Penelitian ini hendaknya guru, orang tua dan warga di lingkungan untuk memberikan kebebasan berekspresi kepada siswa. Pengajaran seni yang memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang unik dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S. Pd., M. Pd Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri, M.Pd.
Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar Flora, Metode Ekspresi Bebas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 21:07
Last Modified: 07 Mar 2024 21:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item View Item