Pengembangan media interaktif ipas berbasis android pada siswa kelas v sd

AKMAYANTI, LUTHFATUS TSANIYAH (2023) Pengembangan media interaktif ipas berbasis android pada siswa kelas v sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media interaktif IPAS berbasis android materi pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Gembong, (2) mendeskripsikan desain media interaktif IPAS berbasis android materi ekosistem pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Gembong, (3) membuktikan kelayakan media interaktif IPAS berbasis android materi ekosistem pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Gembong, (4) membuktikan keefektifan media interaktif IPAS berbasis android materi ekosistem pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Gembong. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluations). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Gembong 02, SDN Gembong 05, dan SDN Bermi 01. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif melalui tes dan angket. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, angket validitas, angket respon, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji t-independen dan uji t-berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media media interaktif IPAS berbasis android sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Media interaktif IPAS berbasis android memuat apersepsi, tujuan, materi, video, quiz, evaluasi, petunjuk, dan profil pengembang. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 3,44 dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh skor 3,25 dengan kriteria layak, dan ahli bahasa memperoleh skor 3,50 dengan kriteria sangat layak. Angket respon siswa dan guru memperoleh skor 3,66 dan 3,63 dengan kriteria sangat layak semua. Hasil n-gain kelas eksperimen 0,46 sedangkan kelas kontrol 0,28 sehingga prestasi belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Nilai signifikansi uji t-independen lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,031 artinya ada perbedaan antara siswa yang mengikuti kegiatan belajar menggunakan media interaktif IPAS berbasis android dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan. Sedangkan nilai signifikansi uji t-berpasangan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 artinya ada perbedaan prestasi belajar pada siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan media interaktif IPAS berbasis android. Kesimpulan dalam penelitian ini, media interaktif IPAS berbasis android materi ekosistem efektif digunakan pada siswa kelas V SD di gugus Ki Hajar Dewantara Gembong. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru dapat memanfaatkan produk media interaktif IPAS berbasis android.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd.,
Kata Kunci: media interaktif, android, pembelajaran IPAS SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Mar 2024 23:49
Last Modified: 07 Mar 2024 23:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20624

Actions (login required)

View Item View Item